Mengaku Anggota BNN, Peras Pengedar Narkoba

0
779

PALU – Tindakan kejahatan untuk melawan kejahatan. Itulah yang dilakukan Deni, Hernab serta Yan Sampelibong yang melakukan pemerasana terhadap pelaku pengedar Narkoba, dengan mengaku-ngaku sebagai anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu.

Humas Polres Palu, Aipda I Kadek Aruna, yang didampingi oleh anggota Reskrim Polres Palu menunjukan barang bukti berupa pistol korek api dan borgol yang diguanakan ketiga pelaku yang mengatasnamakan anggota BNN. (Foto: Wahono)

Ketiga pelaku sendiri diamankan petugas, setelah berhasil melakukan enam kali pemerasan menggunakan sebuah korek api yang menyerupai pistol serta borgol yang selalu dibawa-bawa, saat menemukan adanya pengedar Narkoba. Setiap pengedar yang mereka temukan, dimintai uang sebanyak Rp500 ribu.

“Kami berhasil tangkap saat mereka beraksi di Jalan Garuda tanggal 27 Januari 2018, dan terkena pasal 365 pencurian ayat 2 dan pasal 368 pemerasan, terhadap salah satu kurir Narkoba,” ungkap Humas Polres Palu, Aipda I Kadek Aruna, Rabu (14/2) kemarin.

Barang bukti yang berhasil diamankan adalah sebuah pistol korek api dan sarungnya serta borgol. Para pelaku bekerja dengan mengintai pelaku Narkoba saat melakukan transaksi dan melakukan penangkapan seperti apa yang dilakukan oleh anggota BNN, kemudian mereka meminta uang damai atau yang dikenal dengan delapan enam, dengan nilai Rp500 ribu. “Mereka melakukan ini sebanyak 6 kali,” tambahnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Palu, AKP Holmes Saragi menyampikan, aksi ketiga pelaku ini terungkap, setelah sebelumnya petugas menangkap tersangka dalam kasus lain, yang mengaku pernah ditangkap oleh petugas BNN, namun bisa lolos setelah membayar sejumlah uang. Petugas yang memang sudah mengantongi foto para pelaku, menunjukkan foto tersebut dan diakui oleh tersangka tersebut jika benar tiga orang tersebut yang memintainya uang.  “Saat itu kami langsung melakukan penyelidikan, dan berhasil menagkap ketiga pelaku pemerasan dengan menjadi anggota BNN gadungan,” jelasnya. (who)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.