Gubernur Sulteng Lantik Pjs Bupati Donggala dan Parimo

0
624

PALU – Dengan ditetapkan sebagai pasangan calon dengan nomor urut, petahana Kabupaten Parigi Moutong dan Donggala diwajibkan menjalani cuti diluar tanggungan negara. Pada pilkada serentak 2018, bupati dan wakil bupati Parigi Moutong serta Donggala akan cuti sejak hari ini (Kamis, 15 Februari 2018).

Pjs Bupati Donggala dan Parigi Moutong saat dikukuhkan oleh Gubernur H Longki Djanggola di gedung Pogombo kantor gubernur, Rabu (14/2). (Foto:Ismail/Humas Pemprov Sulteng)

Sesuai ketentuan undang-undang, ditunjuk pejabat tinggi pratama Provinsi Sulawesi Tengah sebagai penjabat sementara (Pjs) bupati. Berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri, Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola MSi, mengukuhkan Muhamad Muchlis sebagai Pjs Bupati Donggala dan Moh Nadir sebagai Pjs Bupati Parigi Moutong, di Gedung Pogombo kantor gubernur, Rabu (14/2).

Keduanya akan melaksanakan tugasnya sebagai Pjs bupati hingga bupati definitif selesai menjalani masa cuti, terhitung sejak 15 Februari sampai dengan 23 Juni 2018.

Gubernur H Longki Djanggola berpesan agar Pjs bupati menjalankan amanah dengan rasa penuh tanggung jawab. ‘’Jangan memperlihatkan contoh yang tidak baik sehingga menimbulkan kesan yang tidak terpuji bagi masyarakat dan daerah itu sendiri,’’ kata Longki.

Sebagai pemimpin dan umat yang beragama, lanjut Gubernur, selayaknya pemimpin menjadi teladan dan panutan kepada seluruh masyarakat. Bekerja secara bersama-sama. Hilangkan rasa persaingan dan sikap egois agar tidak menimbulkan hal-hal buruk yang dapat mengganggu suksesnya pilkada serentak 2018.

‘’Dan mudah-mudahan tidak terjadi seperti di beberapa kabupaten kemarin,’’ sindir Gubernur.

Dalam menciptakan pilkada yang cerdas, adil, jujur, dan transparan, Gubernur mengajak untuk menjunjung tinggi kebersamaan, kekompakan, saling menghormati, dan saling menghargai satu sama lainnya.

‘’Dengan demikian akan tumbuh rasa memiliki dan kecintaannya terhadap daerah,’’ harap Gubernur.

Gubernur mengimbau kepada semua PNS untuk menjaga netralitas. PNS dilarang terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon kepala daerah atau wakil kepala daerah. Dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye.

Tidak membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye, dan tidak mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, dan selama sesudah masa kampanye meliputi pertemuan, ajakan, imbauan, seruan atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga dan masyarakat.

Gubernur mempertegas tugas dan fungsi penjabat sementara (Pjs) bupati. Ada lima tugas dan kewenangan Pjs sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2018 Pasal 9.

‘’Memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama dewan perwakilan rakyat daerah,’’ kata Gubernur menyebutkan salah satu tugas dan kewenangan Pjs bupati.

Sementara lainnya adalah memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati/wakil bupati yang definitif serta menjaga netralitas pegawai negeri sipil.

Sementara dua tugas dan kewenangan lainnya menjadi penekanan Gubernur, melakukan pembahasan rancangan peraturan daerah dan dapat menandatangani peraturan daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri. Melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan setelah mendapat persetujuan tertulis dari menteri dalam negeri.

‘’Jadi sekali lagi saya ingatkan kepada penjabat sementara bupati, semua yang saudara lakukan baik penandatanganan peraturan daerah maupun usulan pengisian pejabat, harus mendapatkan persetujuan Menteri Dalam Negeri. Jadi jangan coba-coba tanpa persetujuan Mendagri, nati keputusanmu tidak akan diakui,’’ tegas Gubernur. (awl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.