Warga Tompu Merasa Layanan Kesehatannya Kurang Diperhatikan

0
830

SIGI–Masyarakat Dusun Tompu, Desa Loru Kecamatan Sigi Biromaru membutuhkan pelayanan kesehatan. Hingga saat ini, pelayanan kesehatan bagi masyarakat sangat kurang diperhatikan.

BPD Loru berkumpul di rumah salah satu warga di Dusun Tompu, Rabu (14/2). (Foto:Ist)

Lebih mirisnya lagi, Dusun Tompu yang berada di wilayah terpencil itu hanya menerima pelayanan kesehatan tiga bulan sekali, itu pun hanya dilakukan oleh kader kesehatan dan bukan oleh seorang dokter atau perawat maupun bidan.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pengurus Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Loru, Kanasir. Ia mengatakan pelayanan kesehatan tiga bulan sekali oleh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sigi hanya sebatas penimbangan balita dan asupan gizi. Pelayanan kesehatan itu pun lanjutnya hanya dilakukan oleh kader kesehatan yang datang dari desa dan bukan seorang dokter kesehatan.

“Hanya tiga bulan, satu kali mereka datang dari kader kesehatan. Kita inginkan sekali-kali ada dokter yang melakukan pemeriksaan di daerah kami, untuk mengetahui penyakit apa saja yang dialami warga disini,” ungkapnya.

Saat tenaga kader kesehatan datang lanjut Kanasir, kader tersebut juga harus datang ke rumah-rumah untuk mengecek untuk mengetahui apakah ada warga yang sakit. Sebab warga Dusun Tompu memiliki rumah atau Kepala Keluarga (KK) yang saling berjauhan, sehingga sangat jarang berkumpul dalam satu tempat.

Hal senada juga disampaikan disampaikan Kepala Dusun Tompu Kambilo Desi, pelayanan kesehatan harus dirasakan oleh masyarakat. Walaupun itu di wilayah terpencil, pelayanan pada masyarakat harus merata. Bukan hanya itu, pembangunan infrastruktur juga harus menjadi perhatian di wilayah terpencil. Sehingga tidak ada warga yang merasa belum menikmati pembangunan insfrastrukur yang dilakukan pemerintah saat ini.

“Walaupun kami berada di wilayah terpencil, kami juga ingin merasakan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sigi,” harapnya. (ndr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.