Buang Sampah di Laut, Warga Tanjung Karang Terancam Digusur

0
616

DONGGALA–Video aksi sejumlah warga membuang sampah di pantai Tanjung Karang menjadi viral sejak beberapa hari terakhir. Video yang memperlihatkan salah seorang wanita turun ke laut membawa tong sampah besar tersebut mendapat reaksi yang cukup keras.

Video yang memperlihatkan warga menarik bak sampah untuk dibuang ke laut pantai Tanjung Karang. (Source: instagram.com/p/BfI3xGHhr_d/)

Tak ketinggalan pihak pemerintah Kabupaten Donggala. Akibat ulah wanita yang diduga tinggal di Kelurahan Boneoge tersebut, Lurah bersama Camat langsung dipanggil oleh Sekkretaris Kabupaten (Sekkab) Donggala, H Aidil Noor.

Hal itu dibenarkan oleh Camat Banawa, Taswin. Menurut dia, pada rapat yang membahas soal even tour itu memang sempat membahas persoalan viralnya video wanita pembuang sampah di objek wisata Tanjung Karang yang terletak di Kelurahan Labuan Bajo tersebut. “Iya, kami sempat ditanyakan soal aksi pembuangan sampah di Tanjung Karang,” terangnya.

Lanjut Taswin, dirinya pun diinstruksikan untuk mengundang oknum yang sudah diketahui identitasnya tersebut. Bahkan rencananya, oknum itu diperintahkan untuk membuat pernyataan secara tertulis maupun lisan agar meminta maaf. “Iya karena videonya itu sudah viral. Jadi dia harus minta maaf,” tegasnya.

Bukan hanya itu saja, kata Taswin, dirinya juga diminta untuk mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Banawa agar tidak membuang sampah sembarangan terutama di laut. “Kita akan imbau masyarakat agar tidak membuang sampah semabarangan. Bukan hanya di Tanjung Karang, tapi untuk semua lokasi di Kecamatan Banawa,” jelasnya.

Menurut Taswin, viralnya video itu memang sempat membuat Sekkab cukup geram. Bahkan Sekkab sempat mengatakan jika masyarakat di sekitar Tanjung Karang tidak mau membersihkan sampahnya atau kembali mengulangi perbuatan itu, maka Pemkab Donggala akan menggusur masyarakat di sekitar Tanjung Karang. “Karena kita ini peduli terhadap kebersihan khususnya di objek wisata unggulan itu. Makanya kami akan memberikan tindakan tegas kepada oknum yang membuang sampah sembarangan,” katanya.

Hal itu juga dibenarkan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Donggala, Muhammad SStp yang juga ikut dalam pembahasan aksi pembuangan sampah di laut tersebut. Menurut Muhammad, Sekkab memang sempat mengatakan akan menggusur masyarakat di sekitar Tanjung Karang jika tidak mau bertanggung jawab dan mengulangi perbuatan tersebut. Kata Muhammad Dinas Pariwisata sebagai dinas yang mengurus soal pariwisata sangat keberatan dengan tindakan tidak terpuji oknum tersebut.

“Tanjung Karang ini menjadi destinasi wisatawan mancanegara. Kenapa malah dikotori seperti itu. Janganlah membuang sampah sembarangan,” sesalnya.(ujs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.