Pembangunan Fly Over Pantoloan Segera Dimulai

0
461

PALU– Rencana pembangunan fly over Pantoloan diperkirakan 2018 ini sudah mulai eksen. Feasibility Study fly over sendiri sudah selesai, sesuai konteks kebutuhan aksesibilitas dan mobilitas yang memadai terutama antara Kawasan Khusus Ekonomi (KEK) dan Pelabuhan Pantoloan guna meningkatkan kegiatan perekonomian wilayah.

Sekdaprov HM Hidayat Lamakarate memimpin rapat yang membahas rencana pembangunan fly over Pantoloan, di ruang kerjanya kemarin (19/2). (Foto: Ismail/Humas Pemprov Sulteng)

Rencana pembangunan fly over ini dibahas dalam rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi HM Hidayat Lamakarate, bersama kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah XIV Palu Ahmad Cahyadi, Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang H Syaifullah Djafar, Pemerintah kota Palu serta instansi terkait, di ruang kerja Sekdaprov, Senin (19/2).

‘’Dengan selesainya disusun feasibility study fly over ini, pemerintah pusat melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional sudah menyusun dokumen rencana pelaksanaannya,’’ kata Kepala BPJN Ahmad Cahyadi.

Dengan demikian, lanjut Ahmad Cahyadi diharapkan dukungan pemerintah provinsi dan Kota Palu terkait tahapan rencana pembangunannya. Rencana pada Tahun 2018 akan dilaksanakan pembebasan lahan dengan melibatkan Tim Apresial untuk menilai harga.

‘’Tahun 2019 dilakukan pembangunan FO Pantoloan dan direncanakan akhir tahun 2019 sudah dapat beroperasi dan digunakan,’’ jelas Ahmad Cahyadi.

Sekdaprov  Hidayat Lamakarate mengakui proyek yang telah menjadi proyek strategis nasional itu sejak lama direncanakan. ‘’Bahkan, saat menjabat sebagai Pj Walikota Palu, sudah memfasilitasi proses pelaksanaan rencana pembangunan fly over Pantoloan,’’ kata Hidayat.

Saat ini, lanjut Hidayat, pemerintah pusat telah menyetujui pelaksanaan pembangunannya dan anggaran pembebasan lahannya. Olehnya diharapkan Pemerintah Kota Palu dapat membantu menyukseskan proses pembebasan lahannya. Hidayat meminta agar terus berkoordinasi dengan pihak Balai Pelaksana jalan Nasional dan juga pihak apresial yang ditunjuk, mengingat anggarannya sudah siap tahun 2018 ini.

‘’Untuk itu harapan Gubernur dan kita semua, proses pembangunan fly over Pantoloan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan. Kalau ada kendala segera dikomunikasikan langsung kepada kami Pemerintah Provinsi  Sulawesi Tengah,’’ kata Hidayat.(awl/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.