Warga Serahkan Senpi Rakitan ke Aparat Kepolisian Poso

0
308

POSO – Pendekatan persuasif yang dilakukan Bhabinkamtibmas di Kabupaten Poso, mulai menunjukkan respon positif dari masyarakat. Itu terbukti, dengan tumbuhnya kesadaran warga di wilayah Poso, yang proaktif menyerahkan senjata api (Senpi) rakitan berikut amunisinya.

Senpi rakitan yang secara sukarela diserahkan warga kepada aparat kepolisian, ditunjukkan Kapolres Poso bersama sejumlah pejabat yang tergabung dalam Operasi Tinombala. (Foto: Ist)

Sebagai daerah eks konflik dan sempat menjadi daerah basis Mujahidin Indonesia Timur (MIT), sudah bukan rahasia umum, jika sejumlah warga sipil di Kabupaten Poso, masih memiliki Senpi, baik rakitan maupun organik. Mengetahui, masih adanya warga yang menyimpan Senpi, Bhabinkamtibmas di Desa Pandajaya, Kecamatan Pamona Selatan, yakni Aipda Sumardi Ganing serta Kanit Binmas Polsek Poso Pesisir Utara, Bripka Hidayat terus melakukan pendekatan dengan masyarakat.

Salah satunya dengan rutin bertatap muka bersama masyarakat serta menjadi pemecah suatu masalah (problem solving), membuat warga semakin dekat dengan sosok Bhabinkamtibmas di desa tersebut. Setelah terbangun kedekatan, dan pemberian pemahaman tentang deradikalisasi yang intens, membuat warga sadar dan secara suka rela menyerahkan Senpi tersebut langsung kepada petugas.

Setelah diserahkan kepada anggota Bhabinkamtibmas, Senpi dari masyarakat ini pun, ditunjukkan Kapolres Poso, AKBP Bogiek Sugiyarto SH SIK, bersama para pejabat Operasi Tinombala 2018, belum lama ini. Senpi yang terdiri dari ; satu pucuk Senpi rakitan laras panja, satu pucuk Senpi rakitan laras pendes serta satu butir amunisi caliber 5,56 milimeter dan 3 butir amunisi caliber 38 milimeter itu, digelar Kapolres di ruang kerjanya.

Kapolres pun, sangat mengapresiasi apa yang sudah dibuat Bhabinkamtibmas Desa Pandajaya serta Kanit Binmas Polsek Poso Pesisir Utara. Kerja keras anggotanya itu, telah membuat kepercayaan masyarakat, sehingga mau menyerahkan Senpi secara suka rela. “Ini bukan hal yang mudah dan gampang, tentunya harus melalui pendekatan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat,” tutur Kapolres.

Bogiek juga tidak lupa, menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat Kabupaten Poso, khususnya warga di Desa Pandanjaya dan warga di wilayah Poso Pesisir Utara, yang telah dengan suka rela menyerahkan Senpi rakitan bersama amunisi organic ini, kepada pihak kepolisian. “Kami pun tidak lupa mengimbau, masyarakat yang masih menyimpan atau menggunakan senjata api, agar segera menyerahkannya kepada kepolisian terdekat,” ajak Bogiek. (*/agg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.