Gubernur Terbitkan Edaran Gerakan ASN Salat Berjamaah

0
1005

PALU- Gubernur Sulawesi Tengah mengeluarkan surat edaran tentang Gerakan ASN Salat Berjamaah di lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng. Surat edaran bernomor 451.11/030/Ro.Kesosmas ditujukan kepada kepada kepala OPD lingkup Pemprov Sulteng, bersifat imbauan ini dalam rangka membangun kesadaran ASN yang beragama Islam melaksanakan ibadah berjamaah waktu salat Zuhur dan Ashar di masing-masing masjid lingkungan kantor.

Ilustrasi (@dream.com)

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, H Mohamad Hidayat Lamakarate mengatakan, surat edaran gubernur itu bersifat imbauan untuk melaksanakan ibadah di masjid. Selain itu memanfaatkan keberadaan masjid di lingkungan kantor untuk dimakmurkan dengan salat berjamaah.

‘’Sangat disayangkan bapak gubernur sudah membangun masjid sebesar ini tapi jamaahnya kurang. Makanya beliau membuat edaran yang isinya imbauan kepada semua pegawai di lingkup provinsi, tidak hanya di lingkup sekretariat agar supaya di waktu jam istrahat salat zuhur dan ashar, silakan memakmurkan masjid-masjid yang ada di setiap kantor, termasuk di Masjid Almujahidin  ini,’’ kata Hidayat ditemui di halaman Masjid Almujahidin, kantor Gubernur, Rabu (21/2).

Dengan imbauan ini juga diharapkan seluruh pemerintah daerah memberikan instruksi yang sama kepada semua pegawai di wilayah masing-masing, agar di waktu salat zuhur dan ashar bisa memakmurkan masjid yang ada di lingkungan kantornya.

Dikatakan Sekda ibadah merupakan hubungan antara manusia dan penciptanya. Jadi tidak ada paksaan ataupun sanksi. Namun, sebagai ASN yang patuh dan taat pada pimpinannya, ketika ada imbauan yang tujuannya ketaatan kepada Allah, diharapkan untuk patuh.

‘’Karena dampaknya bukan kepada pimpinan melainkan kepada yang bersangkutan. Yang mendapatkan mafaatnya bukan gubernur. Yang mendapatkan manfaatnya adalah yang bersangkutan sendiri,’’ tegas Sekda.

Jika secara pribadi, lanjut Sekda, ASN belum punya keinginan untuk beribadah, diharapkan dengan imbauan ini terbangun kesadarannya mau melakukan melaksanakan ibadah ke masjid.

‘’Dengan adanya imbauan ini sebagai bentuk kepatuhan kepada pimpinan dan ketaatan saya kepada Allah, Insya Allah akan melaksanakan ibadah, salah di masjid yang ada di sekitar saya,’’ terangnya.(awl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.