Satu Komisioner KPU Buol Diberhentikan

0
421

BUOL – KPU Kabupaten Buol terus bergerak dengan ceoat setelah salah satu komisioner KPU Buol, Ibrahim Mangge, dinyatakan diberhentikan dengan hormat. Seperti berita sebelumnya, Ibrahim Mangge terancam diberhentikan lantaran mangkir dari tugasnya selama 9 bulan.

“Pada rapat pleno sebelum ini, kami dipertanyakan Panwaslu Buol tentang status komisoner Ibrahim Mangge. Pada kesempatan itu kami mengatakan bahwa saudara Ibrahim Mangge sudah kami laporkan ke KPU Provinsi dan pusat. Sebab saat itu kami belum mengetahui kalau Ibrahim Mangge sudah diberhentikan, “ terang Ketua KPU Buol, Adil SulingSSos MM, kepada Radar Sulteng.

Dikatakan Adil Suling kewenangan untuk memberhentikan seorang komisioner adalah kewenangan dari KPU Prrovinsi. Itulah sebabnya pemberhentian Ibrahim Mangge dilakukan oleh KPU Provinsi yang ditandatangani oleh Ketua KPU Sulteng Sahran Raden SAg SH MH, dengan noimor Surat Keputusan 75/SDM.12.3-kpt/72/Prov/2018 tertanggal 9 Februari 2018 tentang Pemberhentian Tetap Anggota KPU Kabupaten Buol Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Ibrahim Mangge yang dikonfirmasi Radar Sulteng, Selasa (20/2), menanggapi pemecatan dirinya dengan sikap biasa-biasa saja. Dirinya tidak mau berpolemik lebih jauh lagi. Dirinya menerima keputusan tersebut. “Respon saya terhadap keputusan pemberhentian itu biasa-biasa saja, “ tandasnya.

Mengenai Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk Ibrahim Mangge, menurut Adil Suling itu terserah KPU Provinsi yang paling menentukan. “ KPU Provinsi yang menentukan soal pemberhentian seorang anggota komisioner KPU kabupaten termasuk penggajiannya. Kemudian, soal PAW juga ditentukan KPU Provinsi. Cuma sekarang waktunya sangat mepet untuk proses PAW, sebab tugas komisioner KPU periode 2013-2018 hanya sampai bulan Juni 2018, “ urainya.(mch)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here