Rektor Resmikan Riset Center Fakultas Kedokteran Untad

0
652

PALU- Center For Research on Health, Wellness and Sustainability Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (Untad) diresmikan Kamis (22/2).

Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS, didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, dr Muh Ardi Munir MKes SpOT FICS MH bersama dengan Perwakilan dari Deakin University Australia, Prof Rebecca Fanany PhD dan Prof Dr Ismet Fanany. (Foto: Humas Untad)

Riset center yang berada di Gedung Dekanan Fakultas Kedokteran itu diresmikan langsung oleh Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS bersama dengan Perwakilan dari Deakin University Australia, Prof Rebecca Fanany PhD dan Prof Dr Ismet Fanany.

Peresmian dilangsungkan pukul 09.00 Wita yang mana dilanjutkan dengan Internasional Workshop Research on Sosial, Cultur, Community Medicine and Health.

Rektor Untad, Prof Basir mengatakan salah satu langkah untuk menggenjot publikasi internasional Untad khususnya di bidang kesehatan secara umum yakni melalui Center For Research on Health, Wellness and Sustainability.

Riser center ini bukan hanya penelitian dalam bidang klinis tetapi juga dalam bidang sosial. Maksudnya, riset center ini akan menangani penelitian yang mengarah pada health dan wellness. “Aspek-aspek sosialnya yang kadang-kadang disebutkan sehat tetapi tidak wellness, lebih bagus health dan wellness,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, dr Muh Ardi Munir MKes SpOT FICS MH, menambahkan Center For Research on Health, Wellness and Sustainability Fakultas Kedokteran Untad merupakan inisiasi Rektor Untad dengan Deakin University Australia.

Fakultas Kedokteran Untad yang saat ini memiliki akreditasi peringkat B, menjalin kerja sama dengan Deakin University Australia untuk membentuk suatu riset yang mana melihat kesehatan secara komprehensif.

“Fakultas Kedokteran memiliki satu pusat riset sebagai harapan ke depan bahwa tri darma perguruan tinggi yaitu penelitian dan salah satu penilaian akreditasi adalah penelitian,” katanya.

Center For Research on Health, Wellness and Sustainability akan dibawahi oleh Fakultas Kedokteran, namun bersama dengan semua bidang dari berbagai fakultas. “Berkaitan dengan sistem kerja riset center, akan dibentuk sistem bidang yang akan bertanggungjawab mempercepat publikasi,” jelasnya. (jcc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here