Dinasehati Gubernur, Bupati Tolitoli dan Wakilnya Berdamai

0
442

PALU– Bupati Tolitoli Moh. Saleh Bantilan dan Wakil Bupati Tolitoli Abd Rachman Buding sudah berdamai. Keduanya dipertemukan Gubernur H Longki Djanggola di ruang kerjanya, Selasa (27/2).

PALU- Bupati Tolitoli Moh. Saleh Bantilan dan Wakil Bupati Tolitoli Abd Rachman Buding sudah berdamai. Keduanya dipertemukan Gubernur H Longki Djanggola di ruang kerjanya kemarin (27/2).

Gubernur saat itu didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Faisal Mang, Asisten Administrasi dan Organisasi Mulyono, Kepala Inspektorat M. Muchlis, dan Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Moh. Haris Kariming.

Dalam pertemuan itu Bupati Saleh Bantilan dan Wakilnya Abd Rachman Buding berjabat tangan erat sambil tersenyum. Sementara Gubernur, Faisal Mang, Mulyono, dan M. Muchlis mengacungkan jari jempol.

‘’Yang saya syukuri bahwa bupati Tolitoli dan wakilnya sudah berdamai,’’ kata Gubernur H Longki Djanggola.

Gubernur mengatakan, peristiwa yang terjadi antara bupati Tolitoli dan wakil bupati Tolitoli sebuah pelajaran berharga untuk bahan introspeksi di dalam melaksanakan tugas pemerintahan.

“Sesuai amanat Mendagri, Wapres ,dan permintaan presiden agar gubernur Sulawesi Tengah segera menyelesaikan permasalahan di Tolitoli dan Morowali Utara (Morut), sehingga saya menurunkan tim investigasi langsung ke Kabupaten Tolitoli dan Morut,” kata Gubernur.

Sebagai bahan pembinaan, lanjut Gubernur, pihaknya akan menyerahkan rekomendasi kepada bupati dan wakil bupati agar dapat dilaksanakan dalam penyelenggaraan tugas-tugas ke depan, tingkatkan koordinasi dan kekompakan.

Gubernur mengingatkan bilamana kepala daerah atau wakil kepala daerah keluar negeri, supaya agar terlebih dahulu meminta izin kepada Mendagri melalui Gubernur. Sehingga tidak kena sanksi dari Mendagri seperti bupati Talaut di Sulawesi Utara.

Bupati Tolitoli Moh. Saleh Bantilan dan Wakil Bupati Tolitoli Abd Rachman Buding menyampaikan akan memperhatikan dengan sungguh-sungguh nasihat Gubernur, termasuk rekomendasi yang disampaikan di dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai bupati dan wakil bupati.

Kemarin  itu, sedianya Gubernur juga mempertemukan Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor dan Wakil Bupati Morowali Utara Asrar Abd Samad. Namun yang hadir ternyata hanya Aptripel Tumimomor.

Gubernur menyayangkan Asrar Abd Samad tidak hadir memenuhi undangannya. Karena itu direncanakan akan dilakukan pertemuan kembali dengan menghadirkan keduanya.

Gubernur mengatakan, proses yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam penyelesaian permasalahan di Kabupaten Tolitoli dan Morowali Utara akan dilaporkan secara resmi kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.(sya/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.