Pendaftaran SNMPTN Berakhir Besok

0
759

PALU – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Tadulako (Untad) sebentar lagi berakhir. Berdasarkan jadwal seleksi penerimaan mahasiswa baru, pendaftaran SNMPTN dibuka sejak 21 Februari 2018 dengan batas terakhir Selasa besok (6/3).

Sutarman Yodo (kiri)

Jadwal ini sebelumnya juga telah disampaikan langsung oleh Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Prof Dr Sutarman Yodo SH MH.

Dijelaskan Sutarman, jalur SNMPTN banyak memiliki keuntungan, jika dibandingkan dengan jalur SBMPTN maupun SMPTN. Selain bebas tes ujian dan tes keterampilan, jalur SNMPTN juga dibuat lebih mudah. “Yang aktif adalah sekolah, dengan jujur mengisi nilai rapor dan juga pendaftar bisa memasukan prestasi bidang apapun itu selama duduk di bangku SMA. Nilai ini akan menambah kemungkinan untuk lulus pada jalur SNMPTN,” jelasnya.

Lanjut Sutarman, rencananya pengumuman SNMPTN akan dilaksanakan pada 17 April. Sedangkan pengumpulan rapor lulus SNMPTN akan dimulai 18 April hingga 1 Mei 2018. “Akan ada pendaftaran kembali yang akan dilaksanakan pada 8 Mei 2018,” sebutnya.

Tidak hanya itu, untuk jalur SBMPTN sendiri, akan dibuka pada 5 April pukul 08.00 WIB dan pendaftaran terakhir 27 April pukul 22.00 WIB.

Karena SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, maka pelaksanaan ujiannya akan dilaksanakan 8 Mei. Untuk ujian keterampilan khusus untuk FKIP program studi PJKR, akan dilangsungkan selama dua hari yakni 9 Mei hingga 11 Mei. “Pengumuman SBMPTN dilangsungkan 3 Juli mulai pukul 17.00 WIB,” tuturnya.

Bagi mahasiswa yang tidak lulus pada jalur SNMPTN dan SBMPTN, pendaftar memiliki kesempatan untuk ikut pada jalur SMMPTN yang dibuka pada 18 Juni hingga 10 Juli. Pelaksanaan ujian SMMPTN akan dilangsungkan 17 Juli, dan ujian keterampilan dimulai 18 Juli sampai dengan 19 Juli. “Pengumuman 30 Juli, saya berharap jadwal ini diperhatikan oleh pendaftar dengan baik,” harap Prof Sutarman. (jcc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.