Kapal Nyaris Tenggelam Diselamatkan KRI Untung Suropati-372

0
589
KRI Untung Suropati-372 yang bersandar di dermaga Lanal Palu, Kelurahan Watuampu, Sabtu (10/3) setelah berhasil mengevakuasi kapal motor yang nyaris tenggelam bersama seluruh ABK-nya. (Foto: Penerangan Lanal Palu)

PALU – Sebuah Kapal Motor nyaris karam di Selat Makassar, Sabtu (10/3), akibat kerusakan mesin. Beruntung, KRI Untung Suropati-372 yang dikomandoi Letkol Laut (P) Abdul Haris, yang kebetulan melintas berhasil menyelamatkan seluruh anak buah kapal (ABK) berikut nahkoda kapal motor tersebut.

Dalam keterangan persnya, Komandan KRI Untung Suropati-372, Abdul Haris menerangkan,  kapal motor itu, terpantau sekitar pukul 06.35 wita di Selat Makassar antara pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi, pada posisi kordinat 00°08’86” S – 118°56’20” T. “Awalnya laporan didapat dari pengawas anjungan KRI Untung Suropati, yang melihat ada benda terapung,” tutur Abdul Haris.

Selanjutnya, oleh pengawas dan juru radar, benda itu dipantau dan diikuti gerakannya. Setelah didekati ternyata, benda tersebut adalah kapal motor yang terombang-ambing di tengah lautan. Selanjutnya, KRI-Untung Suropati, lebih mendekat ke kapal motor itu, dan menemukan tiga orang ABK sedang berada di dalam kapal menunggu bantuan. “Katanya kerusakan mesin, air laut juga sudah masuk ke ruang kemudi, sehingga mengakibatkan sebagian badan kapal tenggelam,”jelasnya.

Atas dasar itu, Abdul Haris pun meminta seluruh ABK naik ke KRI untuk dievakuasi, berikut kapal motor yang mengalami kerusakan menuju ke dermaga Pangkalan Angakatan Laut (Lanal) Palu, di Watusampu. Setelah tiba di dermaga Lanal Palu, seluruh ABK yang mengalami sakit akibat kelelahan langsung mendapat perawatan oleh perwira kesehatan Lanal Palu. (*/agg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.