KPU Palu Lantik PPK dan PPS

0
377

PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, pekan lalu melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan  Suara (PPS).

Ketua KPU Palu, Marwan P Angku (kiri), menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan anggota PPK dan PPS pada Jumat malam. (Foto: Zainudin Jacub)

Menurut Ketua KPU Palu Marwan P Angku  yang dilantik adalah 24 anggota PPK dan 163 anggota PPS. Katanya, rekrutmen PPK dan PPS ini adalah tahapan ketiga dari tahapan pemilu.

“Tahapan pertama adalah pendaftaran tahapan kedua adalah penataan dapil dan tahapan ketiga adalah rekrutmen,” kata Marwan.

Anggota PPK dan PPS, akan mulai bertugas pada tahapan ke empat yaitu pemuktahiran data pemilih. Dia berharap PPK dan PPS bekerja sesuai tahapan.

“Saya juga meminta, agar tidak terjadi kesalahan dalam mendata calon pemilih,” katanya.

Menurutnya, kesalahan pendataan pemilih, akan menyebabkan kesalahan pengadaan logistik  yang berakibat adanya warga yang kehilangan hak pilih. PPS dan PPK yang baru dilantik sebut Marwan akan bertugas mulai Maret 2019 hingga Juni 2019.

“Pemilu 2019 memiliki tantangan sendiri karena pada tahun depan, Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden  dilaksanakan secara serentak,” katanya.

Olehnya itu, Marwan berharap PPK dan PPS ini untuk fokus dengan tugasnya. “Untuk PPK dan PPS, jangan merasa bukan bagian dari KPU. Keliru jika ada anggapan seperti itu. Sebab KPU itu terdiri dari KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten dan Kota, serta PPK, PPS dan KPPS,” pungkas Marwan.(zai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here