Ibu Pembuang Bayi di Petobo Dituntut 3 Tahun

0
355

PALU – Jaksa penuntut umum (JPU) melayangkan tuntutan pidana penjara selama tiga tahun bagi terdakwa Selvi alias Sele, Senin (12/3). Selvi merupakan seorang ibu yang tega membuang bayinya di saluran air di Jalan Nambu, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, November 2017 silam.

Terdakwa Selvi alias Sele (berbalik badan) saat melakukan rekonstruksi apa yang dilakukannya saat melahirkan dan meninggalkan anaknya meninggal di dalam saluran air. (Foto: Wahono)

Sidang pembacaan tuntutan terdakwa dipimpin Ketua Majelis Hakim HJ Aisa H Mahmud SH MH, Penuntut Umum Thomas SH dalam amar tuntutannya menyatakan perbuatan terdakwa Selvi terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar ketentuan pasal 341 KUHP.

“Menyatakan perbuatan terdakwa Selvi alias Sele terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana kejahatan terhadap nyawa,”  ungkap jaksa Thomas.

Lanjut Thomas membacakan pertimbangan atas tuntutan itu, tidak lain adalah fakta-fakta serta keterangan saksi-saksi dalam persidangan. Bahwa perbuatan terdakwa Selvi telah memenuhi unsur-unsur dari pasal yang didakwakan.

“Di depan persidangan terdakwa secara sadar mengetahui kehamilannya tersebut dan merasakan bahwa bayi di dalam kandungan akan keluar. Namun terdakwa membiarkan anak tersebut dilahirkan di saluran air irigasi,” urai Thomas membacakan salah satu unsur dari perbuatan terdakwa yang telah terpenuhi.

Parahnya dalam pertimbangan tuntutan JPU, terdakwa setelah melahirkan itu membiarkan bayinya jatuh ke dalam saluran dan meninggalkannya. Hingga akhirnya bayi itupun ditemukan oleh warga sudah membusuk.

“Hal yang memberatkan terdakwa telah melakukan kejahatan terhadap nyawa. Terdakwa tidak jujur, keterangannya di persidangan berbeda dengan dipenyidikan (BAP). Yang meringankan terdakwa menyesal, terdakwa belum pernah dihukum,” tutup Thomas.

Atas tuntutan itu, terdakwa Selvi melalui kuasa hukumnya rencananya akan mengajukan pembelaan guna menanggapi tuntutan jaksa tersebut. Sidang selanjutnya akan dilanjutkan pekan mendatang. (cdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.