Polisi Target Tembak DPO Narkoba

0
310

PALU – Sabu seberat 1,073 kilogram seharga Rp2 miliar, yang merupakan hasil tangkapan jajaran Polres Palu akhirnya dimusnahkan, Senin (12/3) kemarin, di halaman Mapolres Palu. Proses pemusnahan barang bukti sabu ini sendiri, disaksikan sejumlah pihak baik dari BNN maupu pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu.

Kapolres Palu AKBP Mujianto SIK menyampaikan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut, merupakan hasil tangkapan Satresnarkoba Polres Palu, dari wilayah Kelurahan Tavanjuka, pada 25 Februari 2018 yang lalu. Pemusnahan ini, kata Mujianto,  menjadi bukti bahwa kepolisian siap berperang melawan Narkoba. “Karena dengan jumlah satu kilogram ini, apabila tidak digagalkan maka ada banyak generasi muda yang akan menyalahgunakannya,” ujarnya Kapolres, sebelum pemusnahan.

Mujianto berpesan, kepada unsur kewilayahan, dalam hal ini dari pihak kelurahan dan RT serta orang tua, untuk bersama-sama menyelamatkan generasi muda dari pengaruh buruk penyalahgunaan Narkoba. Lebih jauh disampaikan Kapolres usai pemusnahan, bahwa barang bukti tersebut, sebelum dimusnahkan, sudah terlebih dahulu dikoordinasikan dengan pihak kejaksaan dan BPOM. Barang haram ini sendiri, menurut pengakuan para pelaku, didapat dari bandar di Pulau Kalimantan dan Makassar. “Tapi kami masih terus lakukan penyelidikan untuk asal-usul barang tersebut,” kata mantan Kapolres Buol ini.

Untuk pemilik barang tersebut masih dalam DPO, dan lima yang diamankan adalah kurir dari DPO berinisial DD. Bila DPO tersebut dapat diamankan, maka kata Mujianto, pihaknya bisa mengetahui detail identitas dari pemasok yang berada di Kalimantan maupun Makassar. Terhadap pelaku yang DPO, Kapolres Palu, tetap berkomitmen akan menindak tegas yang bersangkutan. Pelaku pun sudah diimbau melalui pihak keluargannya untuk segera mungkin menyerahkan diri kepada aparat.  “Kalau tidak menyerahkan diri maka satu langkah kami bersama BNN kepada DPO ini, akan ditindak tegas (tembak,red),” tegas Mujianto.

Pantauan Radar Sulteng, pemusnahan sabu seberat 1 kilogram lebih ini, dilakukan dengan cara diblender. Satu persatu sabu yang dikemas pelastik dimasukan ke dalam blender dan dicampur dengan air hangat, kemudian dihancurkan menggunakan blender seperti cara membuat jus. Barang bukti lainnya seperti  26 Bong, 16 pireks kaca, 79 pipet, 8 pirek kaca dan dot, 6 karet dot, 2 sumbu, 53 macis gas, 3 jarum, dan 3 buah tutup botol dimusnahkan dengan cara dibakar. (who)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here