Eks RS Undata Tahun Ini Sudah Harus Lelang

0
475
Kondisi gedung eks RS Undata di Jalan Suharso, Palu, yang tidak dipakai lagi. Di lokasi ini rencananya dibangun rumah sakit internasional. (Foto: Mugni Supardi)

PALU– Tahun 2018 ini Pemerintah provisi Sulawesi Tengah akan memanfaatkan eks Rumah Sakit (RS) Undata untuk pembangunan rumah sakit bertaraf internasional. Ini bagian dari salah satu program besar Gubernur H Longki Djanggola yang akan dilaksanakan 2018. Ditargertkan proses lelang dimulai pada tahun ini.

Hal ini diungkapkan Sekdaprov Sulteng HM Hidayat Lamakarate saat berdiskusi dengan pemimpin redaksi beberapa media di Sulteng, termasuk Pemred Radar Sulteng, Murtalib SH di ruang kerja Sekda, Senin (12/3).

‘’Ini merupakan salah satu program besar Gubernur di 2018. Memang secara teknis OPD harus menyampaikan ini. Makanya saya sangat setuju dengan media, OPD harus menyampaikan secara teknis soal hal ini,’’ terang Hidayat didampingi Plt Kepala Biro Humas Protokol, Drs Mohamad Haris Kariming.

Hidayat mengatakan, pemanfaatan eks RS Undata di Jalan Suharso akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga, dengan menggunakan model Bangun Guna Serah (BGS). BGS pemanfaatan barang milik negara/daerah berupa tanah oleh pihak lain dengan cara mendirikan bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya, kemudian didayagunakan oleh pihak lain tersebut dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati, untuk selanjutnya diserahkan kembali tanah beserta bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya setelah berakhirnya jangka waktu.

‘’Jadi dibangun oleh pihak ketiga kemudian mereka kelola, dan setelah habis masa waktunya diserahkan lagi kepada kita (Pemda),’’ jelas Sekda.

Dengan masih adanya beberapa aset pemerintah pusat dalam lokasi tersebut, disebutkan Hidayat, Pemprov Sulteng telah menyurat ke pusat untuk meminta diserahkan kepada Pemprov Sulteng.

‘’Karena kami sudah akan melakukan pembersihan dan akan segera melakukan lelang. Tahun 2018 ini sudah harus jalan,’’ jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Sekda, sesuai ketentuan dalam kawasan pembangunan kesehatan tersebut harus terdapat bangunan fasilitas umum lainnya. Selain rumah sakit, harus memiliki kawasan belanja, kampus dan hotel.(awl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.