Kades Towale Gugat SK Bupati Donggala

0
251

DONGGALA–Desember 2017 lalu, saat masih menjabat Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa SH secara resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian sementara Kepala Desa Towale, Arjun Sinanang. Pemberhentian tersebut juga dibarengi dengan pemeriksaan terhadap Arjun terkait adanya dugaan penyalahgunaan dana desa.

Namun beberapa pekan lalu, Arjun melakukan gugatan terhadap SK Bupati Donggala terkait pemberhentian sementara tersebut. Gugatan itu ternyata masih terus berlanjut. Selasa (13/3) kemarin, masing-masing kuasa hukum dari kedua belah pihak melakukan perbaikan berkas gugatan di PTUN Palu.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bagian Hukum Pemkab Donggala, DB Lubis SH MH yang didampingi Kasubagnya. Menurut DB Lubis, gugatan kades towale terhadap bupati masih dalam tahap perbaikan berkas-berkas. Kata Lubis, diagendakan, sidang perkara gugatan tersebut akan berlangsung pada Selasa pekan depan. “Pekan depan itu sudah masuk pada pokok perkara. Sidang itu terbuka untuk umum. Kalau tadi masih pemeriksan persiapan sehingga masih tertutup,” katanya.

Menurut Lubis, dirinya sedikit heran tiba-tiba Arjun melakukan gugatan. Pasalnya pada penerbitan SK Pemberhentian sementara tersebut Arjun telah menerima keputusan itu dan telah memahaminya. Namun kata Lubis, gugatan tersebut merupakan hak setiap warga negara. “Tidak apa-apa, silahkan saja, itu hak setiap warga negara. Kami Pemerintah sendiri akan menghadapi gugatan itu sesuai dengan ketentuan prosedur hukum acara yang berlaku,” tandasnya. (ujs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.