Hari Pertama UNBK Tingkat SMK Berjalan Lancar

0
199
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Palu sedang fokus mengerjakan UNBK, Senin kemarin (2/4). (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri sekota Palu digelar di sejumlah SMK Negeri yang ada di Kota Palu. Salah satu sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut adalah SMK Negeri 2 Palu, Jalan Setia Budi.

Jumlah peserta didik yang mengikuti UNBK Sekolah Menengah Kejuruan di SMK 2 Palu berjumlah 639 siswa yang dibagi menjadi 3 sesi. Kepala SMK Negeri 2 Palu, Kasman, saat ditemui menyebutkan jumlah peserta didik yang mendaftar ujian sekolah beberapa waktu yang lalu berjumlah 639 namun yang mengikutinya hanya 637 peserta didik, sehingga Jumlah yang benar-benar terdaftar mengikuti UNBK di SMK Negeri 2 Palu totalnya sebanyak 637 peserta didik. “Yang terdaftar itu 639 tapi yang ikut ujian sekolah kemarin hanya 637 dan 2 peserta lainnya tidak diketahui keberadaannya,” ungkapnya kepada koran ini Senin kemarin (2/3).

Kasman pun menyampaikan, ada tujuh jurusan yang ada di SMK Negeri 2 Palu yang mengikuti UNBK tahun 2018 diantaranya Administrasi Perkantoran, Akutansi, Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, Multimedia, Pertelevisian, dan Keperawatan Gigi yang kesemuanya telah didaftarkan untuk mengikuti UNBK yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia awal April ini. “Untuk SMK Negeri 2 sendiri yang mengikuti UNBK ini ada tujuh jurusan dan semuanya sudah terdaftar siswanya secara online serta sinkron dengan data base yang dipusat,” katanya.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sama seperti tahun sebelumnya yaitu membagi waktu ujian dalam sehari dengan tiga sesi yaitu sesi pertama dimulai pukul 07.30 hingga 09.30, sesi kedua dimulai pukul 10.30 hingga 12.30, sementara sesi terakhir dimulai pukul 14.00 hingga 16.00. Pantauan Radar Sulteng, sejak pukul 06.30 wita Sekolah yang terletak di Jalan Setia Budi tersebut sudah ramai dengan siswa kelas XII yang bakal mengikuti UNBK.

Namun beberapa saat kemudian setelah Ujian sesi pertama masuk kedalam ruangan ujian, Kepala SMK Negeri 2 Palu berkeliling sekolah dan meminta agar siswanya yang mengikuti ujian sesi ketiga sekiranya dapat kembali dulu kerumah jika sudah selesai mengurus dan pengambilan kartu ujian dan dapat kembali ke sekolah sebelum pukul 14.00 Wita. Pasalnya, dikhawatirkan Peserta didik sesi pertama akan terganggu dengan aktivitas diluat kelas yang mana dapat menganggap konsentrasi yang sedang Ujian.

Masih kata Kasman, dirinya berharap ujian kali ini dapat berjalan dengan lancar tidak ada gangguan apapun khususnya persoalan listrik dan jaringan internet dan semua siswa mengerjakan soal ujiannya secara jujur. “Semoga ujian ini lancar tanpa adanya permasalahan seperti listrik dan jaringan internet serta Peserta didik tetap mengerjakan soal ujian secar jujur dan bertanggung jawab,” imbaunya.

Pantauan Radar Sulteng tidak hanya SMK Negeri 2 Palu yang siap dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) namun beberapa Sekolah Menengah Kejuruan lainnya juga sama. Diantaranya SMK Negeri 1 Palu dan SMK Negeri 3 Palu. Yang mana pada hari pertama diselenggarakan UNBK SMK serentak di Seluruh Indonesia, SMK Negeri 3 Palu yang berkesempatan mendapatkan kunjungan pertama kali oleh rombongan Gubernur Sulawesi Tengah dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Saat kunjungan ke SMK Negeri 3 Palu sejumlah peserta didik yang sedang mengikuti UNBK terlihat tidak gugup saat menggunakan komputer dalam mengerjakan soal-soal ujian yang mana soal tersebut dikirim langsung secara online melalui server yang sudah didaftarkan sebelum UNBK dilaksanakan Senin kemarin (2/4).

Setelah dari melihat langsung UNBK yang ada di SMK Negeri 3 Palu, Rombongan Gubernur dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng bergerak menuju sekolah selanjutnya yaitu SMK Negeri 1 Palu yang beralamatkan di Jalan Kartini dimana tidak begitu jauh dari SMK Negeri 3 Palu.

Rombongan Gubernur serta Kepala Disdikbud Sulteng langsung menelusuri setiap kelas yang dijadikan tempat dilaksanakannya UNBK di SMK Negeri 1 Palu. Walaupun Longki Djanggola dan Irwan Lahace memasuki ruangan kelas UNBK namun peserta didik yang berada diruangan tersebut nampak tetap serius menghadapi dan mengerjakan soal ujian yang ada didalam komputer masing-masing peserta didik. Setelah selesai melakukan kunjungan rombongan pun dipersilahkan untuk menikmati hasil masakan karya siswa siswi SMK Negeri 1 Palu sebelum meninggalkan SMK Negeri 1 Palu . (slm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.