Polda Sulteng Buka Posko Korban Abu Tours Travel

0
245

PALU – Calon Jamaah Umroh Abu Tours resmi melaporkan ke Polda Sulteng atas dugaan penipuan yang dilakukan pihak Travel Abu Tours yang belum menepati janjinya untuk memberangkatkan para jamaah ke tanah suci. Polda Sulteng berencana akan melimpahkan kasus tersebut ke Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) sesuai dengan instruksi Mabes Polri.

Pintu kantor cabang Palu Abu Tours tertutup tak ada aktivitas,Kamis (22/2). (Foto: Taswin)

Ketua Koordinator Jamaah Umroh Abu Tours, Mansur menyampaikan, bahwa saat ini proses yang dilakukan tim penyidik melakukan pemeriksaan kepada para jamaah yang sudah menjadi korban dugaan penipuan. Sudah ada 87 orang yang sudah menyetorkan KTP dan juga kwitansi pembayaran.

“Sebanyak itu juga yang akan diperiksa oleh penyidik. Pukul 11.00, sudah ada berapa orang yang dilakukan pemeriksaan, dan hasil koordinasi saya dengan pihak penyidik, bahwa nantinya di Polda Sulteng akan disediakan pos pengaduan untuk korban jamaah umroh lainnya yang gagal berangkat,” katanya, disela pemeriksaan di ruangan penyidik Polda Sulteng, Senin (2/4) kemarin.

Dirinya juga mendapatkan kabar dari tim penyidik, bahwa kasus ini nantinya akan digabung dengan kasus yang ada di Provinsi Sulsel, dalam perkara yang sama. “Saya dengarnya juga seperti itu, bahwa kasus ini akan digabung dengan yang di Makassar,” kata Mansur.

Mansur mengatakan, bahwa pihaknya belum menerima bukti surat laporan resminya, namun sudah ada penandatanganan yang dia lakukan dalam pelaporan tersebut. “Bukti laporannya diminta penyidik, saat sudah saya tanda tangani, dan itu untuk bukti pemanggilan yang akan di-BAP sesuai dengan laporan tersebut,” tambahnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hery Murwono menyampaikan, dengan sudah adanya laporan tersebut tentunya sesuai dengan instruksi dari Mabes Polri bahwa kasusnya akan dilimpahkan di Polda Sulteng, namun administrasi tetap disediakan di Polda Sulteng. “Kami akan limpahkan ke Polda Sulsel, karena memang pusatnya ada di sana, namun untuk pemeriksaan masih di Polda Sulteng,” katanya. (who)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.