Gila..!!! Komponen Penting Jembatan Palu II Dicuri OTK

0
1013

PALU – Perbuatan tidak terpuji dan bisa membahayakan orang banyak dengan mencabut komponen-komponen penting di Jembatan II Palu dilakukan Orang Tidak Dikenal (OTK).

Petugas kepolisian Polsek Palu Selatan bersama tim Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah meninjau komponen penting jembatan II yang dicopot orang tak bertanggungjawab belum lama ini. (Foto: PPID P Bimatarung)

Hal itu terungkap setelah sejumlah masyarakat melihat ada kejanggalan pada komponen penting Jembatan II di bagian bawah jembatan dicopot. Masyarakat kemudian melaporkan ke pihak kepolisian Polsek Palu Selatan.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah, Tugiman menjelaskan, diketahuinya komponen penting jembatan II dicopot orang tidak bertanggungjawab, saat tiga anggota Polsek Palu Selatan yaitu Aiptu Novembry, Bripka Agus P. dan Bripka Samiun menemui Sekretaris Dinas Bina Marga Drs. H. Arnold Firdaus,.M.TP. bersama Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Asbudianto, ST,.M.Si di ruangan Sekretaris.

Mereka melaporkan adanya komponen-komponen Jembatan Palu II yang terlepas dari dudukannya di antaranya berupa baut/mur/ring dan Elastomer Bearing Pads. “Saat itu sekitar bulan November tahun lalu (2017, red) anggota Kepolisian Sektor Kota Palu Selatan melaporkan hal tersebut,” katanya, belum lama ini.

Menurut Tugiman dari laporan masyarakat itu dan dilakukan pengecekan pihak kepolisian di lapangan, ada yang ganjil di antara tiang/pilar Jembatan, karena terlihat besi komponen jembatan posisinya sudah terlepas dari rangka jembatan. Sehingga, berdasarkan laporan tersebut Kapolsek Palu Selatan memerintahkan kepada Babinkamtibmas Wilayah Tavanjuka dan ketiga Petugas tersebut untuk mendatangi lokasi Jembatan Palu II.

“Berdasarkan laporan dari Kepolisian maka tim teknis melakukan peninjauan lapangan oleh Kepala Seksi Jembatan Syaifull Anwar,ST.,M.Si. PPTK Jembatan Amirudin,ST, ditemukan Besi/Komponen Leteral Stop yang sudah tercabut dari dudukannya dan beton tempat melekatnya Komponen tersebut dibetel, serta hilangnya satu buah Elastomer Bearing Pads tersebut,” jelasnya. Untuk tindakan pengamanan Komponen Leteral Stop, Baut/Mur/Ring dan Elastomer Bearing Pads yang tertinggal dilokasi tiang/pilar (Pur) tersebut dibawa ke Kantor Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah.

Atas kesigapan anggota Polsek Palu Selatan, sekretaris Dinas dan Kepala Bidang Jalan dan jembatan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Aparat Kepolisian Sektor Palu Selatan atas tindakan tanggap cepatnya  terhadap laporan masyarakat dan segera memberitahukan hal tersebut ke Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara menurut Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Asbudianto,ST,.M.Si, dengan diketahuinya ada komponen jembatan yang dicopot sangat membantu dan bisa cepat dilakukan antisipasi, sebab jika terlambat diketahui akan berakibat fatal. “Komponen Leteral Stop tersebut sebagai penahan guncangan gempa horizontal agar rangka jembatan tidak mengalami pergeseran letak dudukannya,” jelas Asbudianto. (*/ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.