Pemprov Sulteng akan Bangun SMK Pariwisata di Parimo

0
278

PALU– Pemprov Sulteng akan membangun satu unit sekolah baru (USB) yang fokus di sektor pariwisata. Rencananya USB pariwisata dibangun di Kabupaten Parigi Moutong. Jika tak ada halangan pembangunannya dimulai tahun ini juga.

Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Hj Zalzulmida A. Djanggola didampingi Sekab Parigi Moutong, dan pejabat Dinas Dikbud Sulteng meninjau lokasi yang akan dibangun SMK Pariwisata di Desa Lebo, Kecamatan Parigi Moutong, beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

Kabid Pembinaan SMK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulteng Dr Hj Hatijah Yahya MSi mengatakan, pembangunan USB pariwisata saat ini masih dalam tahap proses. Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Pemerintah Provinsi Sulteng, dan DPRD Sulteng mendukung penuh pembangunan sekolah pariwisata.

Kata Hatijah pemerintah kabupaten telah menyiapkan lahan bersertifikat yang terletak di Desa Lebo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. Lahan lokasi pembangunan sekolah sudah ditinjau oleh Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Hj Zalzulmida A. Djanggola, Sekretaris Kabupaten Parigi Moutong, serta pejabat Dinas Dikbud Sulteng.

Menurut Hatijah, renacana pembangunan USB pariwisata mendapat respons positif dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. ”Pemerintah pusat memberikan dukungan dan akan membiayai pembangunannya. Kami rencanakan tahun ini juga pembangunannya sudah dimulai,” kata Hatijah belum lama ini.

Kata Hatijah, pembangunan USB SMK Pariwisata diinisiasi oleh Hj Zalzulmida A. Djanggola. Hal itu didasarkan pada potensi wisata di wilayah Sulteng sehingga sangat dibutuhkan pengelolaan di sektor pariwisata.

‘’Diharapkan melalui SMK pariwisata akan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pariwisata. Misalnya sektor perhotelan, tata busana, tourist industry,   tata boga, dan banyak lagi kompetensi keahlian lainnya,’’ kata Hatijah.

Hatijah menambahkan, SMK yang akan dibangun nantinya akan dipersiapkan menjadi sekolah unggulan atau sekolah model di bidang pariwisata di Sulawesi Tengah, yang menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Tengah.

‘’SMK ini nanti akan dilengkapi ruang praktik siswa berupa hotel yang akan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,’’ katanya.(sya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.