Kuota Habis, Ratusan Peserta CCM Terpaksa Ditolak

0
165

PALU – Animo peserta lari marathon internasional Central Celebes Marathon (CCM) 2018 sangat besar. Terbukti dari jumlah 1.500 kuota peserta, slot kuota 5K, 10K, dan 21K sudah habis seluruhnya dan diperkirakan untuk kuota 42K juga akan habis.

Ilustrasi (@beritasatu.com)

“Kami masih menunggu pendaftaran kolektif untuk ketegori ini,” kata Ketua Panitia Penyelenggara CCM 2018, Ir Syaifullah Djafar. MSi kepada Radar Sulteng, Selasa (10/4).

Untuk peserta asing, kata Syaifullah sudah ada beberapa Negara yang akan ikut, antara lain datangnya dari Kenya, Singapura, Malaysia, Thailand, dan beberapa negara lainnya.

Animo peserta lari sangat besar dalam mengikuti Central Celebes Maraton ini, ada sekitar 200 orang calon peserta lagi pada kategori 5K, dan 100 orang kategori 10K tidak bisa diterima, berhubung kuota peserta sudah terpenuhi. “Untuk itu kami memohon maaf kepada para calon peserta lari yang tidak bisa tertampung dalam event CCM tahun ini,” katanya.

Menurut Syaifullah, animo pelari internasional, nasional dan daerah yang tinggi dalam event CCM kali ini, merupakan kejutan tersendiri bagi panitia.

Apalagi event CCM ini praktis persiapannya hanya 2 bulan, dan pelaksanaannya bersamaan waktunya dengan event lari Jogya Mandiri Marathon, event tahunan yang memang sudah berlangsung beberapa tahun dan salah satu event favorit bagi para pelari, yang juga berlangsung tanggal 15 April yang bersamaan waktunya dengan CCM.

Syafullah juga menambahkan, selain kategori 42K, 21K dan 10K, panitia CCM telah membuka kategori baru sepanjang 2,5 Km yang akan diikuti oleh para kepala OPD lingkup Pemprov Sulteng. “Di kelas 2,5 Km ini beberapa kepala OPD sudah mendaftar,” ujarnya. Syaifullah yang juga sering mengikuti lomba lari di beberapa daerah di Indonesia dan Luar Negeri menjelaskan, efektif kegiatan CCM sudah akan dimulai pada  tanggal 13-14 April, dalam acara “Race Pack Collection” yang akan dilasanakan di Taman GOR.

Pada acara tersebut para pelari akan mengambil perlengkapan lari (Race Pack), mengecek kebenaran nomor peserta, menikmati perfom musik, dan panggung pertukaran pengalaman antar komunitas lari. Acara Race Pack Collection akan berlangsung selama dua hari, tanggal 13-14 April dari pagi sampai sore. “Pada area ini akan ada promosi produk-produk kemasan makanan olahan Sulawesi Tengah, dan akan ada city tour pagi para peserta utamanya dari luar Sulteng, untuk menikmati objek-objek wisata di Kota Palu,” katanya.

Acara pembukaan dan penyerahan hadiah pagi pemenang CCM 2018, akan dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda Dan Olah Raga RI Imam Nahrawi. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here