Kantor Pariwisata Disegel, Pemkot Bakal Segera Ajukan Eksekusi

0
281

PALU – Kantor Dinas Pariwisata Kota Palu yang terletak di Jalan Cumi-cumi, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, kembali disegel. Dari amatan Radar Sulteng, akses masuk ke kantor tersebut tertutup rapih dengan bambu-bambu, Selasa (10/4).

Salah seorang pegawai Dinas Pariwisata Kota Palu saat melintas di kantornya yang masih tersegel hingga Jumat (6/10). (Foto: Wahono)

Sebelumnya masalah ini sudah sampai ke jalur hukum yang dimana pihak yang mengaku sebagai ahli waris, Hamdan Idris, sudah memenangkan perkara ini ditingkat  Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Tinggi (PT), namun hal itu digugurkan oleh langkah hukum kasasi di tingkat  Mahkamah Agung (MA) yang ditempuh oleh pihak Pemkot Palu selaku tergugat dalam perkara ini.

Perkara ini akhirnya dimenangkan Pemkot Palu dalah hal ini sebagai tergugat di tingkat Mahkamah Agung. Sementara itu saat dikonfirmasi terkait penutupan bamboo di halaman Kantor Dinas Pariwisata Kota Palu, Kasubag Hukum Pemkot Palu, Mohammad Zaky mengatakan, sangat menyesalkan tindakan yang dilakukan pihak penguggat. “Kami sangat menyesalkan tindakan anarkis ini, marilah kita hargai hukum yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu terkait dengan pembukan pagar bambu tersebut dirinya kembali akan menunggu proses hukum selanjutnya. Kata dia langkah berikutnya Pemkot Palu akan bermohon ke Pengadilan Negeri (PN) Palu untuk dilakukan eksekusi.

“Putusan sudah inkracht, cuma belum dieksekusi, jadi kita sementara menyurat, supaya ada kejelasan kepastian hukum, kalau tidak bermohon, nanti akan begini-begini terus, malah nanti ada korban,” bebernya.

Lanjut Zaky, pihaknya akan menyusun berkas-berkas untuk permohonan eksekusi, dalam proses eksekusi nanti. Nantinya, kata dia, juga akan disaksikan oleh kedua belah pihak dan akan melibatkan aparat untuk melakukan eksekusi. Dirinya juga berharap, dalam proses ini, untuk semua pihak agar dapat menghormati proses hukum, “Tunggu saja, ada waktunya, kan jelas kalau sudah dibacakan oleh pengadilan nanti, maka langsung diekskusi,” tutupnya. (cr8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.