Ibu Pembuang Bayi di Petobo Dihukum 2,6 Tahun Penjara

0
258

PALU –  Hanya dikurangkan sebanyak 6 bulan, vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim kepada terdakwa Selvi alias Sele, lebih ringan dari tuntutan jaksa. Terdakwa kasus kejahatan terhadap nyawa ini, divonis 2 tahun dan 6 bulan penjara, dalam sidang putusan, Senin (16/4).

Terdakwa Selvi alias Sele (berbalik badan) saat melakukan rekonstruksi apa yang dilakukannya saat melahirkan dan meninggalkan anaknya meninggal di dalam saluran air. (Foto: Wahono)

Selvi adalah pelaku pembunuh terhadap anaknya sendiri yang baru di lahirkan. Anak dari terdakwa inilah yang ditemukan dan sempat menghebohkan warga di Kelurahan Petobo, Palu Selatan akhir 2017 lalu. Dalam sidang putusan itu, terdakwa Selvi didamping salah satu tim kuasa hukumnya.

Putusannya dibacakan HJ Aisa H Mahmud SH MH selaku ketua majelis hakim. Dia hanya bisa menunduk meratapi putusan yang dijatuhkan majelis hakim. Untungnya saja, hukuman itu lebih ringan atau berkurang 6 bulan dari tuntuta JPU sebelumnya adalah 3 tahun penjara.

“Menyatakan perbuatan terdakwa Selvi alias Sele terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana kejahatan terhadap nyawa,” kata Aisa membacakan putusannya.  Putusan itu, karena perbuatan terdakwa yang memiliki 5 orang anak ini, telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar ketentuan pasal 341 KUHP.

““Hal yang memberatkan terdakwa telah melakukan kejahatan terhadap nyawa. Yang meringankan terdakwa menyesal, terdakwa belum pernah dihukum,” kata Aisa lagi.  Tidak hanya itu pertimbangan lainnya adalah di depan persidangan terdakwa secara sadar mengetahui kehamilannya tersebut dan merasakan bahwa bayi di dalam kandungan akan keluar.

Namun terdakwa membiarkan anak tersebut dilahirkan di saluran air irigasi. Itulah uraian pertimbangan putusan majelis hakim yang tertuan di dalam surat putusan. “Atas putusan ini terdakwa masih punya kesempatan apakah menerima putusan, pikir-pikir atau akan mengajukan upaya hukum. Kesempatan itu 7 hari setelah putusan,”  tandas Aisa H Mahmud. (cdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here