Danrem 132 Tadulako Tinjau Renovasi RTLH di Poso

0
180

POSO-Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako, Kolonel Inf Agus Subiyanto, meninjau renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Poso, yang sedang dikerjakan pasukan TNI Operasi Teritorial Sintuwu Maroso Tahun III 2018.

Danrem 132 Tadulako, Kolonel Agus Subiyanto, saat meninjau pembangunan RTLH di Kelurahan Mapane Poso Pesisir, Selasa (17/4). (Foto: Bdiyanto)

Danrem meninjau langsung ke lokasi dengan melihat fisik pembangunan satu per satu. Lokasi sasaran peninjauan renovasi berada di Keluarahan Mapane dan di Dusun Tonipa Desa Lantojaya Kecamatan Poso Pesisir. Di Kelurahan Mapane terdapat 4 (empat) unit RTLH yang direnovasi. Pun demikian di Dusun Tonipa Desa Lantojaya juga ada 4 RTLH yang direnovasi. Selain RTLH, Danrem Agus juga meninjau renovasi rumah ibadah gereja di Desa Pandiri dan musollah di Desa Labuan Kecamatan Lage.

Saat melakukan peninjauan, Danrem didampingi Wadansatgas Opster TNI yang juga Dandim 1307 Poso, Letkol Inf Dody Triyo Hadi, Danyon 714/SM Mayor Arianto, serta sejumlah pejabat Korem dan Kodim.

Kegiatan Opster Sintuwu Maroso III ini diprioritaskan pada pekerjaan rehabilitasi empat rumah ibadah dan 71 rumah tinggal layak huni (RTLH) milik warga yang tersebar di wilayah Kecamatan Poso Pesisir Bersaudara.

Selain pembangunan fisik, Opster Sinmar III juga menyasar kegiatan nonfisik berupa penyuluhan narkoba, pelayanan kesehatan gratis, penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, perkebunan, bhineka tunggal ika, hukum, pembinaan mental, dan pertandingan olahraga. Opster bertujuan untuk membantu memulihkan situasi keamanan Poso yang cukup lama terganggu oleh ancaman aksi teror, radikalisme, dan gangguan keamanan lainnya agar Poso kembali kondusif seperti sediakala.

“Tujuan opster cukup jelas. Yaitu untuk membantu Pemkab Poso dalam meningkatkan kesejahteraan dan keamanan masyarakat,” jelas Danrem Agus.

Diharapkannya, opster TNI yang akan berlangsung selama 3 bulan kedepan hingga Mei 2018, dengan jumlah personel sebanyak 225 itu dapat meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat, menumbuhkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela Negara, serta kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai wujud darma bhakti TNI kepada rakyat Indonesia yang telah melahirkannya.

Terkait pencapaian pekerjaan giat Opster, Danrem menyebutnya sudah mencapai 60 persen untuk 71 unit RTLH, dan 75 persen untuk renovasi 4 rumah ibadah.

Danrem Agus yang sekaligus sebagai Komandan Satuan Tugas Opster TNI memberi koreksi dan masukan atas pelaksanaan pekerjaan RTLH kepada anggotanya agar hasilnya bagus dan kuat. Dengan kegiatan Opster dan kemanunggalan lain seperti TMMD dan karya bakti, Kolonel Agus menyatakan TNI akan selalu siap bekerja membangun kesejahteraan masyarakat, khususnya mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Renovasi RTLH yang dilakukan TNI dalam kegiatan Opster 2018 di sambut baik warga masyarakat penerima program. Lukas (62) contohnya. Warga dusun Tonipa desa Lantojaya penerima renovasi RTLH mengaku bersyukur mendapat bantuan renovasi RTLH TNI berukuran 5×6 m2. “Bersyukur sekali karena rumah saya sekarang sudah bagus. Sebelumnya rumah saya ini sudah mau ambruk karena sudah tua dan lapuk,” ungkapnya pada wartawan. Rumah Lukas yang sebelumnya berdinding tripleks sekarag sudah tampak jauh lebih baik dan layak dengan dinding setengah tembok dan papan.

Perasaan bahagia yang sama juga disampaikan Dilon Samsu (36), warga Tonipa. Dirinya berterimakasih kepada TNI karena menyulap rumahnya dari yang sebelumnya beratap rumbia dan berdinding anyaman bambu menjadi rumah semi permanen, dengan atap seng dan dinding tembok bersambung papan. Demikian pula dengan Mukrin (29) warga Kelurahan Mapane, merasa senang dengan kepedulian TNI tersebut. “Alhamdulillah. Saya senang dan berharap program renovasi RTLH ini ada lagi untuk waga lain yang belum dapat. Karena masih sangat banyak warga Poso yang kondisi rumahnya sekarang reot dan butuh direnovasi,” ucap Mukrin.(bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.