Banggai Tengah  Nikmati BBM Satu Harga

0
150

BANGGAI – Bahan bakar minyak (BBM)  di Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut  biasanya dijual Rp 13.000,-/liter di tingkat pengecer. Tapi itu cerita dulu. Kini masyarakat Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten  Banggai Laut dapat menikmati BBM penugasan Premium dengan harga Rp 6.450,- /liter dan BBM subsidi Solar seharga Rp 5.150,- /liter, sama seperti di wilayah lain Indonesia. Karena di wilayah itu telah berdiri SPBU Regular sebagai program BBM 1 harga Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII bekerja sama dengan Pemerintah daerah.

GM Pertamina MOR VII, Tengku Fernanda bersama Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM, Harya Adityawarman dan Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo meresmikan BBM satu harga di SPBU Regular Desa Timbong Mominit Kecamatan Banggai Tengah, kemarin (18/4). (Foto: Istimewa)

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, M Roby Hervindo menjelaskan, Peresmian SPBU Regular 74.948.01 di  Desa Timbong Mominit Kecamatan Banggai Tengah , Kabupaten Banggai Laut dilakukan General Manager (GM) Pertamina MOR VII Tengku Fernanda bersama Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Harya Adityawarman bersama dengan Anggota Komite BPH Migas Marwansyah Lobo Balia, Bupati Banggai Laut H. Wenny Bukamo, jajaran TNI dan Polri, serta tokoh masyarakat Kabupaten Banggai Laut pada Rabu (18/04).

“Dengan telah beroperasinya SPBU Regular di Desa Timbong Mominit – Kabupaten Banggai Laut maka Pertamina MOR VII sudah merealisasikan 2 (dua) dari target 9 titik lokasi di tahun 2018. Lokasi BBM 1 harga yang sudah dioperasikan sebelumnya adalah di Kecamatan Liang Kabupaten Kepulauan Banggai. Sedangkan tahun lalu, kami merealisasikan 5 dari 4 target lokasi BBM 1 harga yakni,” ujar  Roby mengutip penjelasan GM Pertamina.

Adapun dari target 9 lokasi BBM 1 harga di Sulawesi, 3 berlokasi di Sulawesi Tengah yaitu di Kecamatan Liang Kabupaten Kepulauan Banggai,  Kecamatan Banggai Tengah KabupatenBanggai Laut dan  SPBU Kompak Wakai Kecamatan  Una-Una Kabupaten  Tojo Una-Una. Di Sulawesi Utara terdapat 4 lokasi yaitu di Kecamatan Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, Kecamatan Essang Kabupaten Kepulauan Talaud, Kecamatan Nanusa Kabupaten Kepulauan Talaud, dan di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro. Untuk wilayah Sulawesi Tenggara, direncanakan di Kecamatan Wawoni Barat Kabupaten Konawe Kepulauan serta 1 titik di Gorontalo utara.

Sementara Harya Adityawarman mengungkapkan, melalui program BBM Satu Harga, Pemerintah bersama Pertamina berkomitmen untuk terus menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh Indonesia. Sampai dengan April 2018 secara nasional pemerintah melalui Pertamina telah merealisasikan pengoperasian lembaga penyalur BBM 1 Harga sebanyak 58 titik di daerah-daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal atau 3T. “Selain di Banggai Laut, pada hari ini Pertamina juga mengoperasikan lembaga penyalur 1 Harga di Distrik Lanny Jaya, Provinsi Papua,” ujar Harya.

Kehadiran SPBU BBM 1 harga di Kabupaten  Banggai Laut disambut baik oleh Bupati Wenny Bukamo. “Kepulauan Banggai terdiri dari 244 pulau dengan 44 pulau berpenghuni. Sehingga memang sangat membutuhkan kehadiran SPBU BBM 1 harga. Karena turut menjadi penggerak perekonomian daerah,” kata Wenny.

Realisasi BBM 1 harga memang tidak mudah, karena lokasi-lokasinya yang jauh dan terpencil serta umumnya sulit dicapai dengan alat transportasi. Mulai dari proses pemetaan, penetapan lokasi, survey alat transportasi BBM, menggandeng investor lokal menjadi mitra, pembangunan infrastruktur, hingga akhirnya lembaga penyalur BBM 1 harga bisa beroperasi.

Pada kesempatan tersebut, Tengku  menyampaikan pesan agar pengelola SPBU dapat menjaga kualitas layanan sesuai standar Pertamina. Disamping itu, diharapkan agar Pemda Banggai dapat mengawasi penyaluran BBM ke masyarakat, sehingga tepat sasaran dan berkelanjutan.(*/lib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.