Puskesmas Rujuk Pasien ke Undata, Pendapatan Anutapura Turun

0
199

PALU – Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota membahas penurunan  pendapatan Rumah Sakit Umum Anutapura.

Anggota DPRD Palu yang menjadi anggota Pansus LKPj saat menggelar rapat di ruang sidang utama DPRD Palu. Turunnya pendapatan RSU Anutapura ikut dibahas para wakil rakyat,Rabu (18/4). (Foto: Zainudin Jacub)

Dalam rapat Rabu (18/4), terungkap berkurangnya pendapatan RSU Anutapura diakibatkan pasien BPJS, Rumah Sakit Tipe C dan Puskesmas-Puskesmas yang ada di Palu, lebih memilih untuk memilih untuk merujuk pasiennya ke rumah sakit Undata.

Menurut Wakil Ketua Pansus LKPj Wali Kota, Rusman Ramli, indikasi menurunnya Pasien Rumah Sakit Anutapura dapat dilihat dari dari BPJS dimana jauh lebih besar yang dibayarkan ke Rumah Sakit Undata.

Dari penuturan Rusman, Pansus sebenarnya sudah mengonsultasikan persoalan ini Kementerian Kesehatan.

“Kami melakukan konsultasi ke Kementerian Kesehatan terkait keinginan Rumah Sakit Anutapura bahwa seharusnya Rumah Sakit tipe C yang ada di Palu seharusnya merujuk pasiennya ke Rumah Sakit Anutapura . Nanti Rumah Sakit Anutapura yang akan merujuk pasien tersebut ke Rumah Sakit Undata,” kata Rusman.

Namun jawaban dari konsultasi tersebut tidak seperti yang diharapkan DPRD, Pasalnya menurut Rusman, dari konsultasi tersebut Rumah Sakit Anutapura tidak bisa mengkapling pasien yang ada di Kota Palu supaya berobat ke Rumah Sakit Anutapura.

“Sebab Alur dari BPJS Rujukan dari Rumah Sakit Tipe C adalah ke Rumah Sakit tipe B entah mau ke Anutapura atau Undata itu terserah,” kata dia.

Persoalannya warga Palu sekarang ini kata Rusman lebih memilih dirujuk ke Rumah Sakit Undata dari pada ke Anutapura.

“Itu tidak bisa dilarang selama kita tidak membuat regulasi khusus,” kata Rusman.

Yang menjadi permasalahan berkurangnya pasien yang diikuti dengan menurunnya pendapatan Rumah Sakit Anutapura kata akan mempengaruhi pelayanan dan pengembangan rumah sakit.

Hingga akhir pembahasan belum ada solusi yang ditemukan atas persoalan ini.(zai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.