Hoax, Minta Like dan Share, Ngaku dari Facebook

0
162

SEPANJANG hari kemarin, banyak pengguna Facebook yang tertipu ulah pengelola fan page Pengguna FB Lite Indonesia (Fb.com/ Pengguna-FB-Lite-Indonesia-223898891526524). Fan page itu menyebarkan aplikasi Facebook Lite yang sedang error.

Inilah salah satu postingan yang banyak menipu pengguna Facebook oleh ulah pengelola fan page Pengguna FB Lite Indonesia. (Source: facebook.com)

Dalam pesan itu, akun Pengguna FB Lite Indonesia memohon maaf kepada semua pengguna Facebook Lite Aktif di Indonesia. ”Kami sebagai pihak developer Facebook Lite telah menerima laporan bahwa beberapa akun Facebook di Indonesia tidak muncul foto profil.” Begitu bunyi pesan yang tertulis.

Fan page itu lantas menyampaikan solusi untuk mengatasi permasalahan di atas. Pertama, pengguna diminta menekan tombol suka (like) di fan page Pengguna FB Lite Indonesia. Kedua, pengguna diminta membagikan (share) posting-an yang sedang dibaca ke sepuluh grup yang diikuti. Terakhir, pengguna diminta mengisi di kolom komentar #aktif.

Banyak yang teperdaya oleh pengelola fan page Pengguna FB Lite Indonesia. Hingga kemarin, sudah ada 28 ribu orang yang membagikan pesan tersebut. Yang berkomentar #aktif sesuai perintah pengelola fan page tersebut juga mencapai ribuan.

Redaksi juga menerima pertanyaan dari pembaca terkait kebenaran pesan tersebut. Yang pasti, pesan itu 100 persen hoax. Pesan tersebut hanyalah trik untuk mencari like, comment, and share yang akan berpengaruh terhadap nilai sebuah status dan fan page di Facebook.

Fan page Pengguna FB Lite Indonesia bukan resmi dari Facebook. Di akun-akun resmi Facebook selalu terdapat tanda centang biru (verified page). Ada beberapa fan page resmi Facebook. Di antaranya, Facebook dan Facebook for Developers. Ingat, developers, bukan develope seperti yang ditulis fan page Pengguna FB Lite Indonesia.

Pesan hoax serupa diproduksi fan page Aktivasi Akun Saya (Fb.com/Aktivasi-Akun-Saya-459066384526598). Fan page itu lebih konyol lagi. Yakni, meminta pengguna Facebook mengecek apakah akun mereka normal atau tidak dengan mengetik kata ”selamat” di kolom komentar.

Tutorial itu juga 100 persen hoax. Tak ada kaitannya mengetik ”selamat” dengan keamanan sebuah akun. Facebook memang membuat kejutan kepada penggunanya ketika mengetikkan sejumlah kata. Misanya, ”selamat”. Ketika kata itu diketik, akan keluar animasi balon. Sama juga ketika mengetikan BFF, kata tersebut akan berubah menjadi hijau. Sekali lagi, itu hanyalah gimmick dari Facebook. (gun/c10/fat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.