Mesin Kapal Mati di Tengah Laut, 4 Nelayan Nyaris Hanyut 

0
258

BANGGAI – Kasian benar yang dialami 4 orang warga Desa Toipan, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai. Zulkifli alias Kiki, Asran alias Ran, Samsul alias Sul dan Ompet alias Pet, yang notabene berprofesi sebagai nelayan itu, nyaris hanyut ke laut lepas, usai kapal motor yang mereka tumpangi dari Luwuk menuju Toipan, mesinnya mati di perairan Bonebakal, Kecamatan Lamala, Kabupaten Banggai, Senin (23/4) kemarin.

Kapal motor nelayan milik warga Desa Toipan, Kecamatan Pagimana nyaris hanyut di lautan lepas. Tampak tim basarnas Luwuk sedang melakukan evakuasi penyelematan. (Foto: Istimewa)

Koordinator Basarnas Luwuk, Arifuddin kepada Radar Sulteng, Senin (23/4) kemarin, membenarkan telah mendapat laporan warga terkait adanya kapal motor nelayan yang hanyut di tengah laut akibat mesin mati.

“Iya, kami telah mendapat informasi tersebut,” ucapnya.

Menindaklanjuti informasi itu, dia langsung menurunkan 5 orang personelnya dan langsung bergerak menuju tempat kejadian dengan menggunakan speed boat milik Basarnas.

Selang beberapa menit kemudian, kapal motor nelayan yang ditumpangi keempat warga Toipan itu berhasil dievakuasi ke pantai Bonebakal, Kecamatan Lamala. Sementara kondisi penumpang kapal tersebut dalam keadaan selamat.

Ketika ditanyakan, penyebab matinya mesin kapal motor nelayan tersebut, Arifuddin mengatakan, dia tidak mengetahui persis penyebabnya. Yang dia tahu bahwa kapal motor yang terbuat dari almunium itu baru saja dibuat dan akan dibawa ke Desa Toipan, Kecamatan Pagimana. Sayanya, baru sampai di perairan Bonebakal, mesin kapalnya mati.

“Kalo soal penyebab kapal motor nelayan itu mesin mati kami tidak tahu, yang kami tahu bahwa kapal motor yang ditumpangi 4 orang barus saja selesai pembuatannya di Luwuk dan akan dibawa ke desa Toipan,” tutur Ariffudin.

Sampai berita ini diturunkan, mesin kapal motor nelayan itu, masih dalam perbaikan dan belum bisa dibawa ke Desa Toipan untuk digunakan melaut. (stv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.