Zetizen Radar Sulteng Perkuat Jurnalis Sekolah

0
254

PALU – Generasi Zetizen Radar Sulteng menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik bertajuk Peningkatan Capacity Building untuk Jurnalis Sekolah Angkatan Pertama. Kegiatan ini berlangsung di lantai III Graha Pena, dan dibuka Sabtu (28/4) lalu.

Zetizen Radar Sulteng bersama sponsor kegiatan, Alfamidi serta perwakilan peserta kegiatan melakukan foto bersama. (Foto: Mugni Supardi)

Adapun tema yang diambil dalam kegiatan ini, yakni  insan muda cerdas bermedia. Pelatihan sendiri bertujuan  untuk peningkatan softskill jurnalis sekolah, utamanya kemampuan menulis dan fotografi. Selain itu kegiatan ini, menurut Penanggungjawab Zetizen Radar Sulteng, Nur Soimah Ulfa, juga bertujuan untuk mengajak jurnalis sekolah sebagai ujung tombak penangkal kabar hoax alias kabar bohong, yang saat ini dengan mudah diterima karena pesatnya perkembangan teknologi komunikasi.

“Para alumni nantinya akan menjadi anggota forum jurnalis sekolah yang akan dibentuk dan dinaungi langsung oleh Radar Sulteng, pada Agustus 2018 mendatang, forum ini ditujukan sebagai wadah para jurnalis sekolah untuk saling komunikasi dan membantu dalam peningkatan skil maupun produksi media sekolah,” ungkapnya.

Arif Mursandi mewakili Alfamidi Brands Palu yang juga merupakan sponsor penuh terlaksananya pelatihan jurnalistik untuk jurnalis sekolah tersebut mengatakan, Alfamidi tahun ini juga memiliki program pelatihan jurnalis untuk siswa SMA bahkan SMP di beberapa kota, yang sudah dijalankan saat hari pers nasional. Kebetulan Zetizen Radar Sulteng mengajak, dan di Palu belum ada, kesempatan besar bagi Alfamidi untuk bisa ikut dalam program yang cukup bagus untuk pelajar.

“Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin karena jujur saya juga pernah jadi wartawan dan sudah lama tidak menulis dan kangen. Terus terang di zaman sekarang untuk menulis bisa menjadi hobi yang menguntungkan, ade-ade menulis bisa jadi blogger, cukup menulis di rumah, menghasilkan uang sendiri, kalau tekun,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan dua hari ini dapat digunakan sebaik mungkin, ilmu ini nantinya bisa dimanfaatkan lebih baik, kedepan bisa lebih cerdas, menyaring berita mana yang benar mana yang tidak, lebih bijak lagi bersosial media.

Pemimpin Redaksi Radar Sulteng yang diwakili Redaktur Radar Sulteng, Rony Sandhi, dalam sambutannya mengatakan, bahwa banyak hal yang harus dilakukan, khususnya untuk memberikan informasi-informasi yang positif. Sehingga, generasi muda harus dibekali dengan pengetahuan bagaimana membuat informasi bermanfaat bagi orang banyak.

“Mudah-mudahan teman-teman alumni pelatihan ini nantinya akan menjadi agen, penyebar berita bagus, berita baik, sehingga kita semakin banyak bisa menangkal berita-berita yang tidak bermanfaat itu,” ungkapnya.

Rony juga berharap, peserta pelatihan dapat mengikuti semua kegiatan sampai selesai, agar apa yang didapatkan nanti tidak sia-sia. Tidak hanya datang, duduk, dengar, diam, tetapi dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, sehingga kedepan para peserta menjadi generasi yang hebat dan tentu masa depan juga lebih baik.

Kegiatan yang di gelar selama dua hari ini, di ikuti oleh 30 siswa perwakilan SMA SMK dan MA di Kota Palu. Masing-masing SMAN 1 Palu, SMAN 2 Palu, SMAN 4 Palu, MAN 1, MAN 2, SMKN 2, SMKN 3, SMA Model Terpadu Madani Palu, SMA Al-Azhar Mandiri, dan SMA GKST Imanuel. Di mana kegiatan pelatihan ini akan diselenggarakan dalam 3 angkatan, dengan menyasar para jurnalis sekolah, angkatan pertama yaitu saat ini berlangsung, angkatan ke 2 akan digelar akhir Juni 2018, angkatan ke 3 akhir Juli 2018 mendatang. (ika/umr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.