Sejumlah WNA Diduga Masuk di Tambang Kayuboko Parigi Motuong

0
305

PARIMO – Sejumlah Warga Negara Asing (WNA) diduga telah masuk di lokasi pertambangan emas ilegal di Desa Kayuboko, Kecamatan Parigi Barat.

Lokasi PETI yang berada di Desa Kayuboko, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parimo. (Foto: Istimewa)

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sumber resmi koran ini, WNA yang diduga berasal dari China tersebut diperkirakan baru berjumlah tiga orang. “Informasinya mereka sudah berada di sana (tambang Kayuboko), “ungkap sumber, yang minta identitasnya tidak disebutkan.

Sebelum masuk ke Desa Kayuboko, sesuai informasi bahwa para WNA menginap di salah satu hotel di Kota Parigi.

Kapolres AKBP Sirajuddin Ramli yang dikonfirmasi berkaitan dengan masuknya WNA di wilayah hukum Parimo, sampai dengan pukul 18.02 wita, belum juga memberikan keterangan.

Sekadar diketahui bahwa tambang Desa Kayuboko merupakan lokasi Pertambangan Tanpa Izin (PETI). Bahkan kabarnya, Polda Sulteng sebelumnya pernah melakukan penertiban dilokasi tersebut.

Tidak hanya itu, belum lama ini Tim Penataan Ruang Daerah (TPRD) Parimo yang terdiri dari sejumlah OPD terkait, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan bidang tata Ruang Dinas PUPRP Parimo sudah melakukan monitoring.

Tindaklanjut dari monitoring tersebut akan dilaporkan kepada ketua TPRD dalam hal ini Sekkab Parimo. Lokasi tersebut dianggap ilegal, karena tidak masuk dalam wilayah tata ruang Parimo. Selain itu, terungkap dampak dari aktivitas tambang emas ilegal dapat mencemari lingkungan sekitar.

“Rencananya kita akan pasangi plang tata ruang. Disitu nanti ada aturan-aturan merah, bahwa itu memang dilarang,”ujar Kasi Penegakan Hukum Lingkungan DLH Parimo, Idrus.

Terungkap juga bahwa lokasi tambang emas tersebut berlokasi di atas kebun milik warga setempat. Itulah alasan yang ditemukan oleh TPRD saat monitoring. Sedangkan pekerjanya berasal dari luar Parigi.

Volume emasnya diperkirakan berjumlah besar. Tetapi kadar emasnya dianggap rendah. “Pekerjanya banyak yang dari luar kampung, diantaranya ada yang dari Moutong,”kata Idrus.(iwn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.