Waspadai Penipuan Bermodus Phishing

0
159

PALU – Dunia yang semakin canggih ini ternyata sangat rawan terhadap aksi penipuan, seperti yang baru saja menimpa Direktorat Jenderal Pajak, dengan beredarnya surat elektronik (e-mail) mengatasnamakan Pajak, meminta masyarakat melakukan verifikasi melalui tautan (link) yang disediakan dalam e-mail tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan Pajak (KPP) Pratama Palu, Sihabudin mengatakan, sehubungan beredarnya surat elektronik (e-mail) yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pajak yang meminta penerima e-mail untuk melakukan verifikasi melalui tautan (link) yang disediakan dalam e-mail tersebut, dengan ini direktorat jenderal pajak menyangkalnya.

E-mail tersebut tidak berasal dari Direktorat Jenderal Pajak, dan informasi bahwa telah terjadi gangguan pada sistem Direktorat Jenderal Pajak yang disampaikan dalam e-mail tersebut adalah tidak benar. “Sistem informasi teknologi dan basis data Direktorat Jenderal Pajak tidak mengalami gangguan dan tidak terjadi kehilangan data Wajib Pajak,” ucapnya

Penerima e-mail diimbau untuk tidak mengklik tautan yang tertera pada e-mail tersebut dan tidak memasukkan data penting Wajib Pajak, termasuk Nomor Pokok Wajib Pajak, Electronic Filing Identification Number (EFIN), serta password akun DJP Online pada situs selain situs resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Dalam hal ini, Direktorat Jenderal Pajak sedang menyelidiki penyebaran e-mail tersebut, yang terindikasi merupakan upaya phishing. Phishing adalah penipuan untuk mendapatkan data penting orang lain dengan mengirimkan pesan melalui email, SMS, atau saluran lainnya yang mengatasnamakan instansi resmi seperti Direktorat Jenderal Pajak dan meminta informasi penting yang berpotensi untuk disalahdigunakan. “Pihak Direktorat Jenderal Pajak mengimbau masyarakat Wajib Pajak untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas dalam jaringan (online) termasuk dalam melakukan aktivitas keuangan dan perpajakan. Hindari mengklik link yang berasal dari sumber yang tidak jelas, dan selalu pastikan alamat pada browser merupakan alamat yang benar. Alamat DJP Online yang harus tertera pada browser atau link adalah https://djponline.pajak.go.id. jika ada alamat lain mengatasnamakan Pajak itu penipuan,” ungkapnya.

Kata dia, apabila masyarakat/Wajib Pajak menemukan hal-hal yang mencurigakan atau memiliki pertanyaan dan membutuhkan informasi lebih lanjut, kunjungi www.pajak.go.id atau hubungi Kring Pajak di 1500 200. “Apalagi saat ini pajak sedang gencar melakukan dan menginformasikan laporan SPT tahunan, dibeberapa tempat, sehingga ada orang-orang tertentu memanfaatkan hal tersebut,” pungkasnya.(umr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.