Dianggarkan Rp58 Miliar untuk Jalan Bora-Pandere Sigi

0
297

SIGI – Pemkab Sigi mengelar Groudbreaking pembukaan jalan ruas Bora-Pandere tahun anggran 2018 yang dilaksanakaan di Desa Sidondo III Kecamatan Sigi Biromaru, belum lama ini Rabu (2/5).

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, secara resmi menghadiri Groundbreaking jalan Bora-Pandere, belum lama ini. (Foto: Jumas Pemkab Sigi)

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, mengatakan pembukaan jalan mengunakan anggaran APBD Kabupaten Sigi tahun 2018 sebesar Rp 58 miliar. Anggaran tersebut untuk pembukaan jalan ruas Bora-Pandere sepanjang kurang lebih 18 kilometer. Sedangkan pengerasannya sambung Bupati, mengunakan anggaran APBD perubahan 2018. Sehingga di tahun 2019 nantinya tinggal pengaspalan.

”Rencananya jalan tersebut akan dibuat jalur dua dengan panjang kurang lebih 18 kilometer dengan lebar 30 meter, kanan kiri jalan juga akan dibangun draenase dibangun bertahap,” terang Irwan.

Kata Bupati dengan pembukaan jalan ruas Bora-Pandere memiliki keterkaiatan dengan lokasi kebun raya Sigi, hal ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi khusunya pertumbuhan ekonomi baru. Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sigi itu, pembukaan jalan ini merupakan trobosan bagi Pemkab Sigi dalam membuka ruang ekonomi baru, sesuai dengan misi Bupati yakni Sigi Masagena.

Sementara itu Kepala Dinas PUP Sigi Iskandar Nongtji mengakui bahwa pembukaan jalan dimana pun di Sigi selama ini tidak pernah ada ganti rugi lahan, mengingat terbatasnya anggaran. Olehnya ia bersyukur karena masyarakat merelakan lahannya sepanjang dan selebar itu guna pembukaan jalan baru.

“Rencananya akan kami bangun jalur dua di sini dimana akan menjadi akses utama menuju Kebun Raya Sigi. Lokasi Kebun Raya Sigi pun hanya sekitar 150 meter dari jalan ini. Proses lelangnya sudah selesai, tinggal penandatanganan kontrak dengan pihak ketiga dan setelah itu pembukaan jalan dilaksanakan,” jelasnya.

Iskandar menambahkan, ruas jalan ini nanti akan melewati sejumlah desa, di antaranya Sidondo dan Sibowi, sehingga ruas jalan ini menghubungkan pula Kecamatan Sigi Biromaru dengan Tanambulava.

Anggota DPRD Kabupaten Sigi, Ilyas Nawawi yang sempat hadir dalam groundbreaking itu menyambut baik pembangunan tersebut.

Ia berharap partisipasi masyarakat tidak hanya sampai di sini, tapi juga seterusnya hingga jalan ini difungsikan ke depan. “Ini sudah jelas-jelas kepentingannya untuk masyarakat Sigi, salah satunya meningkatkan nilai ekonomi. Kami dari DPRD jelas mendukung penuh dan siap mengawal alokasi anggarannya. Kami melihat ke depan di sini akan menjadi wilayah pemukiman baru dan muncul pintu usaha baru. Apalagi menjadi akses menuju Kebun Raya Sigi,” pungkas Ilyas.(ndr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.