Pertamina Jaga Ketahanan Stok BBM dan LPG Jelang Ramadan

0
127

PALU – Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG, baik subsidi maupun nonsubsidi, menjadi salah satu bahan kebutuhan pokok masyarakat yang sangat penting. Memasuki bulan suci ramadan ini, Pertamina bersama Hiswana Migas Sulteng mempersiapkan berbagai hal untuk dapat membantu kenyamanan masyarakat saat melakukan aktivitas ibadah.

Terkait itu, Sales Executive Retail Pertamina Wilayah Sulteng, Mahdi Syafar mengatakan, pihaknya memastikan Pertamina di Sulteng agar bisa memaksimalkan ketahananan stok di Depot-depot Pertamina dan pelayanan optimal di SPBU-SPBU di seluruh Wilayah Sulteng.

Dijelaskannya, ramadan tahun 2017 lalu, konsumsi pemakaian BBM meningkat hingga 5-7 persen. Olehnya untuk ramadan tahun 2018 ini, sejak awal bulan suci ramadan pihaknya memberikan pelayanan lebih pagi hingga malam setiap harinya.

“Terutama untuk pelayanan SPBU-SPBU yg berada di luar kota. Sehingga dapat melayani kebutuhan energi masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran. Dan untuk pelayanan di SPBU Kota Palu sendiri, dilayani setiap hari Senin sampai Minggu tetap ada pelayanan. Sedangkan untuk ketahanan stok kita pastikan aman untuk semua jenis BBM, baik subsidi maupun non subsidi,” terangnya, kemarin (9/5).

Sedangkan terkait dengan kesiapan dan pelayanan LPG sendiri, Sales Executive LPG Pertamina Wilayah Sulteng, Bastian Wibowo menerangkan bahwa, ketahanan LPG di SPPBE dipersiapkan dan dijaga dengan coverage days antara 3-5 hari sampai dengan seterusnya dengan prediksi kebutuhan LPG meningkat 3-4 persen dari rata-rata penyaluran normal. Sesuai dengan tingkat kewenangan Pertamina lanjutnya, Hiswana Migas dan Agen juga selalu memantau kondisi lapangan dengan melakukan sidak monitoring untuk LPG 3 Kg di pangkalan.

“Selain stok LPG 3 kg, Pertamina juga mempersiapkan stok Bright gas 5.5 kg dan 12 kg di pangkalan, SPBU dan Outlet agar masyarakat mampu atau rumah makan yang bukan usaha mikro dapat memilih LPG sesuai dengan peruntukannya.  Kami juga memastikan stok LPG aman sampai ke level pangkalan selama ramadan hingga lebaran nanti,” paparnya.

Tidak hanya itu, menjelang Idul fitri nantinya pertamina akan membuka posko satgas terhitung H-10 Idul fitri hingga H+10 agar dapat melayani kebutuhan energi masyarakat Sulawesi tengah saat Ramadan hingga merayakan Idul Fitri 1439 H. Ketua Hiswana Migas Sulteng, Denny Chandra menambahkan, pihaknya siap untuk menyalurkan LPG selama stok dari Pertamina tersedia.

Semakin banyak stok maka pihaknya akan semakin menambah titik-titik penyaluran. Selain itu juga, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya, baik dari pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya. “Kita usahakan tidak ada yang kosong. Sehingga kalau ada permintaan dari pemerintah daerah untuk menyuplai ke daerah-daerah tertentu, kita siap,” tandas Ketua Hiswana Migas Denny Chandra yang saat itu didampingi sejumlah pengurus yakni Gandhi Yunanto Irawan (bidang SPBU) dan Fenny Novita Dewi (bidang LPG ), H Aslan Said serta Hendra Arnol.(hqr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.