Tujuh Kabupaten Nyatakan Siap Gelar TdCC

0
266

PALU– Pelaksanaan Tour de Central Celebes (TdCC) 2018 dari lima etape yang direncanakan titik start dari Kabupaten Banggai menuju Kota Palu, semua kabupaten yang menjadi lintasan menyatakan siap. Gubernur Sulteng H Longki Djanggola berharap TdCC kedua yang akan digelar 14-16 Oktober mendatang akan lebih sukses dari sebelumnya.

Gubernur H Longki Djanggola (tengah) memimpin rapat koordinasi persiapan TdCC 2018, di ruang Polibu, Selasa (15/5). (Foto: Awal)

Kesiapan kabupaten/kota yang menjadi rute TdCC ini, diungkapkan oleh wakil bupati dan sekretaris daerah pada rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan TdCC  dan pemaparan hasil survey rute TdCC, di ruang Polibu, Selasa (15/5).

Rapat dipandu Sekdaprov HM Hidayat Lamakarate, dihadiri Gubernur Longki Djanggola, Ketua DRPD Sulteng H Aminuddin Ponulele, dan Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Hj Zalzulmida A Djanggola.

Paparan kesiapan dimulai dari Kabupaten Banggai, Tojo Unauna, Kabupaten Poso, Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Donggala, dan Kota Palu. Mulai dari kesiapan akomodasi, kesehatan hingga pagelaran budaya yang akan ditampilkan pada iven TdCC , kesemuanya menyatakan siap. Bahkan dukungan anggaran dari semua kabupaten dilaporkan siap.

Sementara itu dari tim sekretariat TdCC, Dr Hasan melaporkan bahwa Union Cycliste Internationale (UCI) telah merilis Tour de Central Celebes dan telah masuk dalam kalender event internasional.

‘’Alhamdulillah 7 Mei lalu  UCI telah merilis TdCC masuk dalam kalender event internasional. Dan hari ini ICF juga akan merilis rekomendasinya,’’ ungkap Hasan.

Terkait dengan hasil survey disampaikan Hasan, kelima etape yang akan dilalui semua dinyatakan layak. Beberapa rekomendasi yang harus diperbaiki tinggal bagian-bagian perbaikan kecil.

Dijelaskan, etape pertama akan mengambil titik start di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Lalong, Kabupaten Banggai, menuju titik finish di Kecamatan Bunta dengan jarak tempuh 132,5 KM dengan istimasi waktu tempuh 3 jam 43 menit.

Etape dua start dari Kabupaten Tojo Una-una yakni di Pantai Wisata Pasir Putih menuju finish di Kota Poso dengan jarak 162,6 KM dan waktu tempuh diestimasi 4 jam 15  menit.

‘’Menurut tim, starting di pasir putih ini satu-satunya tour dunia di bawah pohon kelapa di pasir putih. Tim mengatakan ini luar biasa dan harus dipertahankan,’’ ungkap Dr Hasan.

Selanjutnya etape Tiga dari kabupaten Poso mengambil starting dari lokasi objek wisata air terjun Salopa dan finish di Parigi dengan jarak 204 KM. Rute ini merupakan rute terpanjang TdCC. Sedangkan waktu tempuh 5 jam 10 menit.

Etape empat, Parigi Moutong menuju Kabupaten Sigi hasil survey menyatakan kelayakan star di depan kantor Bupati Parigi Moutong dan finish di tugu Topeaju di Desa Bora kabupaten Sigi. Jarak tempuh 111,7 km dan estimasi waktu tempuh 3 jam 6 menit.

‘’Etape ini memiliki titik sprint  ada 3 dan 1 titik King Of Mountain (KOM). Titik KOM ini ada di wilayah kebun kopi. Kebun kopi ini nilai jualnya sangat tinggi bagi pembalap karena memiliki 762 tikungan. Dan pembalap sangat suka dengan ini,’’  terang Dr Hasan.

Selanjutnya pembalap akan menginap seluruhnya di Kota Palu dan ditransfer menuju starting etape kelima dari kabupaten Donggala menuju Kota Palu. Titik star berada di lapangan sepak bola desa Watatu, Kecamatan Banawa Selatan dan finish di Kota Palu, depan kantor Gubernur. Etape ini akan menempuh jarak 127,7 Km dengan waktu tempuh 3 jam 33 menit.

Gubernur berharap seluruh kesiapan yang telah dirancang dan disusun oleh kabupaten yang akan dilintasi semakin dimatangkan. Meskipun masih beberapa bulan ke depan, namun semua pihak diminta untuk lebih mempersiapkan agar lebih sukses dari penyelenggaraan sebelumnya.

‘’jangan sampai seperti TdCC pertama. Namanya juga pertama pasti ada kurang-kurangnya, terlihat agar terburu-buru meskipun akhirnya Alhamdulillah bisa sukses. Saya minta ini lebih siap lagi agar benar-benar terlaksana dengan baik,’’ pinta Gubernur. (awl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.