Ini Lima Kawasan Transmigrasi di Sulteng yang Ditetapkan Pusat

0
694

PALU – Di Provinsi Sulteng kini ada 5 kawasan transmigrasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Ke-5 kawasan itu masing-masing kawasan Transmigrasi Tampolore, Kabupaten Poso; kawasan Transmigrasi Air Terang, Kabupaten Buol; kawasan Transmigrasi Bahari Tomini Raya, Kabupaten Parigi Moutong; kawasan Transmigrasi Bungku, Kabupaten Morowali; dan kawasan  Transmigrasi Banggai Selatan, Kabupaten Banggai Laut (Balut).

Asisten HM Faisal Mang menyampaikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi konsolidasi tanah dalam pelaksanaan transmigrasi wilayah Sulawesi Tengah, awal Mei lalu (2/5). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

Hal ini diungkapkan Asisten Administrasi Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdaprov Sulteng, HM Faisal Mang dalam acara sosialisasi konsolidasi tanah dalam pelaksanaan transmigrasi wilayah Sulawesi Tengah, awal Mei lalu (2/5). Sosialisasi dilaksanakan Kementerian desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI bekerja sama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulteng.

Asisten Faisal Mang mengatakan, pembangunan transmigrasi di Sulawesi Tengah sejak pra pelita sampai sekarang. Jumlah warga transmigrasi hingga kini mencapai 550.000 jiwa yang tersebar di 215 UPT yang berada di 12 kabupaten. Dia juga mengatakan ada beberapa kabupaten definitif yang asal muasalnya dari lokasi transmigrasi.
Dia mengakui pembangunan transmigrasi masih dihadapkan pada berbagai permasalahan, seperti sertifikat hak milik, hak pengelolaan hutan, lokasi yang masuk kawasan hutan dan lain-lain. Untuk itu, dalam rangka mendukung kelancaran program transmigrasi di daerah, perlu dukungan kerja sama dari semua pihak terkait.

‘’Penyelenggaraan pembangunan transmigrasi adalah tugas lintas sektoral, yang secara fungsional penanggung jawab administrasi ada pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi,’’ kata Faisal.(sya/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.