Dua Kepsek Ini Disanksi Karena Terlibat Politik Praktis

0
550

DONGGALA – Akibat terlibat dalam kampanye salah satu Paslon peserta Pilkada, dua Kepala Sekolah (Kepsek) di Kabupaten Donggala akhirnya dijatuhi saksi disiplin berat. Pemberian sanksi disiplin tersebut sebelumnya telah melalui sidang Majelis Kode etik Pemkab Donggala yang digelar Selasa (22/5).

Abdullah Lahinta (Foto: Ujang Suganda)

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Donggala, Abdullah Lahinta SSos, berdasarkan hasil sidang majelis kode etik, dua Kepsek itu dijatuhi sanksi disiplin berat berupa penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun.

“Sanksi disiplin berat itu banyak macam ada penurunan pangkat, penundaan pangkat dan lainnya. Bahkan sampai pemecatan. Tapi berdasarkan pertimbangan-pertimbangan majelis kode etik, mereka diberi saksi penundaan kenaikan pangkat saja,” ungkapnya.

Saat ini prosesnya kata Abdullah, berkasnya sudah sampai pada Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Donggala untuk ditandatangani. Selanjutnya kata Abdullah, pihaknya juga akan menyurat kepada Panwaslu Donggala terkait penjatuhan hukuman disiplin tersebut.

“Ini bagian dari tindak lanjut laporan Panwaslu terkait ASN yang terlibat dalam politik praktis. Jadi kita juga akan kembali menyurat kepada Panwaslu,” katanya.

Dari kejadian tersebut Abdullah kembali mengingatkan kepada ASN agar tidak terlibat langsung dalam politik praktis. Pasalnya kata Abdullah, regulasi telah jelas mengatur soal netralitas ASN. Bahkan menurut Abdullah, pihaknya telah memberikan surat edaran ke masing-masing OPD terkait netralitas ASN tersebut. “Jadi tidak ada alasan lagi bilang tidak tahu aturan. Karena banyak regulasi yang mengatur soal netralitas ASN. Ditambah lagi sudah ada surat edaran,” tandasnya.

Dua ASN itu merupakn Kepsek di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Sindue. Bentuk pelanggaran yang dilakukan dua ASN itu karena terbukti terlibat dalam proses persiapan kampanye salah satu Paslon. Pelanggaran itu sendiri awalnya merupakan temuan langsung pengawas Panwaslu di lapangan. (ujs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.