Menteri Dalam Negeri Apresiasi 4 Provinsi dan 120 Kabupaten/Kota  UHC

0
217

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo   memberikan apresiasi kepada 4 Provinsi, 120 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai Program Strategis Nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage di wilayahnya lebih awal sebelum tahun 2019.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo saat memberikan penghargaan UHC JKN-KIS 2018 di Istana Negara (23/05). (Foto: Istimewa)

Penyerahan penghargaan oleh Menteri Dalam Negeri ini kepada Gubernur, Bupati dan Walikota ini dilakukan setelah acara Penghargaan UHC JKN-KIS 2018 di Istana Negara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (23/05).

Dalam sambutannya, Direktur Utama Fachmi Idris mengemukakan kegiatan Penghargaan UHC JKN-KIS 2018  dapat menularkan semangat menuju cakupan kesehatan semesta untuk negeri tercinta ini kepada Pemerintah Daerah lainnya untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan senantiasa menjaga keberlangsungan kepesertaan Program JKN-KIS serta mendukung terciptanya masyarakat Indonesia yang madani dan berkeadilan sosial.

Di samping itu, upaya ini merupakan wujud sikap gotong royong yang harus kita pupuk dan pertahankan karena merupakan falsafah kehidupan berbangsa Indonesia.

“Pemimpin Terbaik yang saat ini dipilih oleh rakyat,  Bapak Gubernur serta Bapak/Ibu Bupati dan Walikota, pasti akan memberikan yang terbaik kepada rakyatnya, termasuk dalam memberikan jaminan dan pelayanan kesehatan di daerah masing-masing. Kami harapkan apa yang Bapak/Ibu lakukan, juga dapat ditiru oleh seluruh pimpinan di negeri ini, sehingga apa yang dicita-citakan oleh bangsa ini yaitu kesejahteraan yang berkeadlian melalui salah satunya Program JKN-KIS dapat segera terwujud, ujar Fachmi.

Untuk di wilayah Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu sendiri, Kabupaten Buol termasuk salah satu dari 92 Kabupaten yang telah UHC di Tahun 2018. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilakukan pada tanggal 31 Desember 2017 oleh Pemerintah Daerah Buol dan terhitung UHC per tanggal 1 Januari 2018 dengan Jumlah Kepesertaan UHC Kabupaten Buol yaitu sebanyak 127.176 dari jumlah penduduk 130.504 atau sebesar 97,45 persen (umr)

Baca selengkapnya di Harian Radar Sulteng edisi Jumat (25/5).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.