Waspada Uang Palsu Jelang Lebaran

0
231

PALU – Kepolisian Resort (Polres) Palu terus memantau peredaran uang palsu yang teridikasi mulai beredar di Kota Palu. Meski demikian, pihak kepolisian belum mendapati adanya laporan resmi dari masyarakat yang menemukan uang palsu.

Ilustrasi (jawapos.com)

Walaupun, di media sosial (Medsos) dalam hal ini facebook, mulai viral terkait adanya warga dengan nama akun Ekha Pouly, yang mendapati langsung uang palsu dengan pecahan senilai Rp100 ribu sebanyak dua lembar, dari hasil penjualan handphone. “Dalam transaksi jual beli HP, ada penipuan dengan uang Palsu dua lembar senilai Rp 200 ribu pecahan uang kertas Rp 100 ribu, saat pembeli HP melakukan pembayaran,” tulisnya di salah satu grup Facebook khusus Kota Palu.

Kapolres Palu, AKBP Mujianto mengatakan, terkait informasi yang beredar di Medsos akan ditindaklanjuti dan akan dibuktikan kebenarannya. “Informasi Medsos tersebut tentunya Polres Palu akan melakukan pemantauan maupun penyelidikan terkait beredarnya uang Palsu,” katanya, Rabu (23/5) di Mapolres Palu.

Namun, Mujianto mengatakan, seharusnya korban melapor langsung ke pihak kepolisian, agar lebih mudah melakukan penyelidikan dan mengetahui pelaku yang melakukan transaksi dengan korban. “Sampai saat ini kita belum menerima laporan terkait adanya korban uang palsu,” kata orang nomor satu di Polres Palu ini.

Potensi peredaran uang palsu menjelang hari raya Idul Fitri pun memang meningkat. Hal ini terbukti pada tahun yang lalu, di mana Polres Palu berhasil menggagalkan peredaran uang palsu pecahan Rp100 ribu senilai Rp 166 juta, dengan tiga tersangka bernama  Ayu Suryani Dewi alias Ayu (48), Nuraini alias Nur (44) dan Sudibyo alias Dibyo (27), dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 10 tahun. Untuk itu masyarakat pun diminta selalu waspada bila menerima uang. Prosedur 3D, yakni dilihat, diraba dan diterawang, harus selalu dilakukan, jika bertrasaksi dengan orang-orang yang mencurigakan.  (who)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.