Peyelundupan 1 Ton BBM ke Bangkep Digagalkan

0
322

BANGGAI – Setelah pekan lalu berhasil menggagalkan penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Kabupaten Taliabu, Provinsi Maluku Utara dari pelabuhan Luwuk, jajaran Kepolisian Resort Banggai kembali menggagalkan upaya penyelundupan BBM jenis premium kurang lebih 1 ton ke Kabupaten Banggai Kepualuan (Bangkep).

Kapolsek Batui, Iptu Chandra memimpin langsung operasi penggagalan penyelundupan 1 ton BBM jenis premium ke Kabupaten Banggai Kepulauan. (Foto:Istimewa)

Kapolres Banggai, AKBP Moch Sholeh, Sabtu (26/5), membenarkan aksi penggagalan penyelundupan BBM jenis premium dari wilayah teritorialnya oleh jajaran kepolisian resort Banggai.

“Kali ini penyelundupannya bukan melalui jalur pelabuhan Luwuk, tapi pelabuhan Kecamatan Batui,” terangnya.

Kata Moch Sholeh, pada Sabtu (26/5), sekira jam 10.00 Wita, Kapolsek Batui, Iptu Chandra bersama beberapa anggotanya melakukan peninjauan di pelabuhan rakyat Kelurahan Bugis, Kecamatan Batui.

Pelabuhan rakyat yang tak jauh dari Polsek Batui tersebut merupakan tempat arus bongkar muat barang dan naik turun penumpang dari atas kapal motor atau bodi batang asal kabupaten Banggai Kepulauan. Tak disangka, saat dilakukan operasi penertiban BBM di tempat itu, lanjut Kapolres, ditemukan 1 ton lebih minyak jenis premium yang telah dikemas dalam 30 jeriken siap kirim ke Tataba, ibukota Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan bersama pemiliknya.

“Dalam operasi tersebut, diamankan 30 jeriken premium, yang isinya berjumlah 1.020 liter bersama pemiliknya bernama Bahtiar. Minyak itu dimuat dalam perahu atau bodi batang dan siap diberangkatkan ke Tataba, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan,” ucap Kapolres Banggai, AKBP Moch Sholeh.

Ketika ditanyakan asal minyak tersebut, polisi lulusan Akabri yang lahir pada tahun 1974 itu, mengatakan, minyaknya didapatkan dari salah satu SPBU di Kelurahan Batui, Kecamatan Batui.

“Hasil pemeriksaan, katanya minyak itu dibeli pada salah satu SPBU yang ada di Kecamatan Batui,” kunci Sholeh.

Sementara kini, Bahtiar, warga Banggai Kepulauan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan penyidik Satreskrim Polsek Batui. (stv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.