Dishub Siapkan 44 Bus untuk Mudik Gratis

0
164

PALU – DINAS Perhubungan (Dishub) Provinsi  Sulawesi Tengah menargetkan 44 bus dan sekitar 350 kursi yang disediakan  dalam program mudik lebaran gratis tahun ini, Dishub melibatkan sedikitnya delapan perusahaan otobus (PO).

Ilustrasi (@beritainspiratif.com)

Program mudik lebaran gratis ini sudah dua kali digelar Dishub Provinsi Sulteng, dan untuk ketiga kalinya. Terhitung lebaran 2017, mudik Natal 2017, dan yang akan dilaksanakan pada 7 Juni mendatang.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Provinsi Slawesi Tengah mengatakan tidak ada perbedaan yang signifikat dari program mudik lebaran tahun lalu. Hanya saja kata dia, di tahun ini Dishub menggandengan dua Bank yang ada di Kota Palu yang memiliki program yang sama.

Sementara bus yang akan digunakan lanjutnya, untuk program ini adalah bus yang berukuran sedang yang memiliki delapan kursi.

“Dua bank ini program Corporate Social Responsibility (CSR) juga sperti itu, satu bank sudah mencapai kesepakatan dan bersedia menyumbang delapan unit bus untuk semua jurusan. Kalau tidak salah sekitar delapan PO yang sudah kita seleksi, mulai dari izinya, layak jalanya kita juga sudah lakukan ram chek,” ungkapnya Jumat (25/5) kepada Radar Sulteng.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, salah satu tujuan digelarnya program mudik gratis ini untuk memberikan motivasi kepada para pengusaha angkutan, bagaimana menciptakan angkutan yang berkeselamatan, nyaman, terjangkau. Tidak hanya itu, Dihub Provinsi  melakukan pengawasan ketat jangan sampai menaikan tarif terlalu tingggi, serta jangan sampai supirnya hanya satu.

“Kami juga mewajibkan seluruh PO untuk menyediakan supir dua orang dan tidak boleh minum minuman beralkohol, kadang-kadang ada yang seperti itu supaya tidak mengantuk, makanya nanti dalam program ini dikawal oleh pihak Kepolisisan,” tambahnya.

Pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka pada 24 Mei dan akan ditutup pada 6 Mei 2018, dengan tujuan mudik Poso, Touna, Banggai, Banggai Laut, Bangkep, Morowali, Morowali Utara, Tolitoli dan Buol.

Dari amatannya, pendaftar dengan tujuan Luwuk masih mendominasi. “Sepertinya ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu soalnya baru kemarin dibuka sampai hari ini (Jumat) sudah sekita seratus lebih yang mendaftar yang belum terisi ini saya lihat tujuan Poso belum ada, dan rata-rata juga mahasiswa karena kan mereka sudah dpat jatah libur lebih awal,” bebernya.

Sementara itu, salah seorang mahasisiwi Siti Nurindah mengaku sudah dua kali menikmati program gratis ini dengan mendaftar mudik tujuan Luwuk. Kata dia lebih aman karena dikawal dengan pihak kepolisian sampai tujuan. ”Program yang sangat membantu khsunya mahasiswa seperti saya, apalagi perempuan yang takut mudik sendirian jadi merasa aman dengan mudik sperti ini,” ungkapnya.(cr8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.