SMP Swasta di  Palu Dominasi Nilai Ujian Nasional Terbaik

0
576

PALU – Pengumuman hasil kelulusan Ujian Nasional (UN) baik menggunakan sistem berbasis komputer (UNBK) maupun kertas pensil (UNKP) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Palu secara serentak diumumkan di masing-masing sekolah, Senin  (28/5).

Guru SMPN 1 Palu sedang memberikan arahan kepada peserta didiknya sebelum pengumuman hasil kelulusan,Senin (28/5). (Foto: Moh. Salam)

Dari jumlah total SMP yang ada di Kota Palu 30 sekolah negeri dan 21 sekolah swasta. Dari keseluruhan sekolah tersebut, terdapat sekolah meraih hasil UN 2018 baik.

Untuk Sekolah yang melaksanakan UNBK yang masuk dalam kategori nilai terbaik 10 besar di antaranya SMPN 1 Palu, SMPN 7 Palu, SMPN 8 Palu, SMPN 12 Palu, SMPN Model Madani Terpadu, SMP Al Azhar, SMP Labschool Untad, SMP Karuna Dipa, SMP RK. ST. Paulus Palu, dan SMP Bala Keselamatan.

Sedangkan sekolah yang masih menggunakan UNKP yang berhasil masuk dalam 6 besar yakni SMPN 3 Palu, SMPN 10 Palu, SMPN 16 Palu, SMP IT Qurrata A’yun, SMP IT Al Fahmi, dan SMP Gamaliel Palu.

Pantauan Radar Sulteng kemarin, di SMPN 4 Palu sekitar pukul 16.00 wita sudah mulai membagikan amplop yang berisi hasil kelulusan siswa yang diberikan kepada orang tua siswa masing-masing. Pembagiannya pun berlangsung dengan aman dan lancar.

Terpisah, di SMPN 1 Palu yang melaksanakan pengumuman sedikit berbeda. Di sana pengumuman kelulusan dilakukan usai berbuka puasa.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palu, Ansyar Sutiadi, yang hadir dalam pengumuman kelulusan di SMPN 1 Palu mengungkapkan, data kategori 10 besar UNBK dan UNKP tersebut, tidaklah diurutkan dari pertama hingga akhir, melainkan secara acak.

Meski tidak diurutkan berdasarkan perolehan nilai UN terbaik, Ansyar menegaskan bahwa dari UNBK dan UNKP tingkat SMP di Kota Palu masih didominasi oleh SMP Swasta.

“Sengaja tidak kami beritahu posisi rangking, ini untuk menjaga jangan sampai nanti ada sekolah yang merasa minder dari sekolah-sekolah yang lain,” ungkap Ansyar kepada Radar Sulteng beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Bidang Pembinaan SMP Disdik Kota Palu, Salmi Lamandego menyebutkan untuk UNBK di Kota Palu itu tahun 2017 diposisi pertama. Ia juga menambahkan di Kota Palu sendiri siswa SMP yang melaksanakan UNBK dan UNKP barusan itu ada yang mendapatkan nilai 100. Sehingga posisi Kota Palu dalam pelaksanaan UNBK tidak akan jauh bergeser.

“Tahun lalu Kota Palu UNBK posisi pertama dan UNKP juga posisi ke enam. Saya yakin peringkat itu tidak akan banyak berubah dan bergeser serta ada beberapa siswa kita di Kota Palu yang mendapat nilai 100 saat UNBK tahun 2018 ini,” tambahnya. (slm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.