Taruna AAL Sambangi Dapur Redaksi Radar Sulteng

0
237
Pemimpin Redaksi Radar Sulteng, Murthalib saat memaparkan secara singkat proses pencarian berita hingga naik cetak kepada Danlanal dan Komandan KRI Dewaruci serta perwakilan Taruna AAL, Rabu (30/5). (Foto: Mugni Supardi)

PALU  –  Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kota Palu Letkol Laut (P) Tommy Herlambang, SE  didampingi Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo serta sepuluh orang perwakilan dari 42 para taruna-taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) berkunjung ke Graha Pena Radar Sulteng, Rabu (30/5).

Danlanal beserta rombongan diterima Pemimpin Redaksi Harian Radar Sulteng Murtalib SH, mewakili Pemimpin Radar Sulteng, H Kamil Badrun AR SE MSi. Dalam sambutannya, Letkol Laut (P) Tommy Herlambang mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan kepada pihak AAL bagaimana proses produksi di media cetak dan media elektronik. Agar nantinya para taruna dan taruni bisa mengetahui apa-apa saja yang dilakukan oleh perusahaan media, khususnya media cetak.

”Selain bersilaturrahim kami juga berharap kehadiran kapal Dewaruci yang membawa para taruna angkatan 65 ini bisa dipublikasikan di Sulawesi Tengah khususnya di Kota Palu,” katanya.

Komandan Latihan Taruna Akademi Angkatan Laut, Letkol Laut (P) Cahya Indra Sumana mengungkapkan, rasa bangganya karena telah dipersilahkan mencoba tempat ­shooting atau pengambilan rekaman dalam penyampaian berita saat mengunjungi ruang siaran Radar TV.

“Saya baru tahu kalau begini cara pengambilan gambar untuk penyiaran berita. Dalam pikiran saya harus ada meja, kursi dan peralatan berat yang membutuhkan ruang yang besar. Tapi dengan adanya teknologi yang sangat canggih sekarang. Kita hanya membutuhkan layar polos maka siaran berita langsung jadi,” ungkapnya.

Pemimpin Redaksi Radar Sulteng, Murtalib SH menyambut baik kegiatan yang dilakukan Taruna-Taruni AAL yang sudah menyempatkan berkunjung dan silaturahim ke Graha Pena Radar Sulteng. Dalam kesempatan ini pun Murtalib berkesempatan memperkenalkan Radar Sulteng.

“Kami sangat senang dengan kehadiran para adik-adik taruna akademi angkatan laut beserta bapak Danlanal dan komandan kapal legendaris Dewaruci yang sangat terkenal akan ketangguhannya dalam mengelilingi dunia sebagai duta Indonesia. Kami berharap kunjungan seperti ini menjadi rutin diadakan oleh AAL yang memilih Palu dari sekian banyaknya Kota di Indonesia sebagai tempat persinggahannya,” ujarnya.

Kunjungan tersebut dilaksanakan di lantai tiga gedung Graha Pena Radar Sulteng tepatnya di ruang redaksi Radar TV. Jajaran TNI AL dan para Taruna terlihat serius  saat Manager Umum Radar Sulteng, Fahmi Laguliga memaparkan divisi per divisi, yang ada di Radar Sulteng beserta fungsinya masing-masing, dilanjutkan dengan penjelasan dari Pemimpin Redaksi Radar Sulteng terkait bagaimana proses media cetak, mulai dari pencarian berita,editing hingga proses layout di media cetak, tidak ketinggalan Pemimpin Redaksi Radar TV pun juga menjelaskan tentang bagaiman proses penyiaran. (cr8/cr1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.