Randis Ketua DPRD Lebih Mewah dari Bupati Morut

0
503

MORUT – Kendaraan operasional Ketua DPRD Morowali Utara, saat ini menjadi kendaraan dinas (Randis) termewah di kabupaten tersebut. Pasalnya, harga pengadaan hingga Rp1,3 miliar mengalahkan harga beli randis Bupati Kabupaten Morowali Utara.

Ilustrasi

Sejak awal perencanaan APBD Morut 2017, randis bernomor polisi DN 3 U yang kini dikuasai Ketua DPRD Morut Syarifuddin Madjid itu kabarnya telah menjadi perdebatan panjang di kalangan eksekutif. Sebab harganya cukup fantastis ketimbang kebanyakan randis lainnya.

Berdasarkan kartu inventaris barang (KIB) Peralatan dan Mesin Sekertariat DPRD Morut, randis itu merupakan pabrikan Jeep Wrangler tipe Sport 4 Door Platinum Diesel. Bentuknya persis tipe Sahara dan Rubicon yang juga keluaran Jeep Wrangler.

Dalam proses pengadaan, randis ini sukses disediakan PT Kars Inti Amanah dengan nilai proyek sebesar Rp1.318.000.000. Jika melihat spesifikasinya, Jeep Wrangler Sport 4 Door Platinum Diesel itu dibekali mesin 2.8 DOHC 16-valve 4 silinder Common Rail Diesel (CRD). Dengan bantuan transmisi otomatis 6 percepatan, SUV ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 200 tenaga kuda pada 3600 rpm dan menghasilkan torsi 460 Nm pada 1600-2600 rpm

Sementara bagian bodi didesain panjang 4.404 mm, lebar 1.876 mm dan tinggi 1.799 mm dengan penyangga roda berdiameter 17 inchi. Tak hanya bertampang jantan, mobil ini juga memiliki desain interior mewah mulai dari audio Infinity Premium Sound, Head Unit touch screen (CD/DVD/Bluetooth), Extra sub-woofer.

Ada pula fitur lainnya seperti Air Bag, Tubular sidestep, Fog lamps, cruise control, Electronic Stability Control (ESC), Brake Assist hidrolik, Electronic Roll Mitigation (ERM), Hill Start Assist (HSA) dan Hill Descent Control (HDC), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control, serta Electronic Vehicle Information Center (EVIC).

Jeep Wrangler cukup handal dalam melibas medan berbatu dan genangan air. Selaras dengan kondisi jalanan di wilayah Morut yang dominan mengalami kerusakan. Setidaknya hal itu yang diungkapkan Syarifuddin Madjid kepada awak media di Kolonodale beberapa waktu lalu.

“Kondisi jalanan daerah kita (Morut) masih banyak rusaknya. Tentunya randis ini ada karena disesuaikan dengan alasan itu,” kata dia yang kerap disapa Fudin.

Syarifuddin yang kembali dihubungi Radar Sulteng via telepon (27/5) malam lantas mengatakan proses pengadaan Jeep tersebut sudah melalui pembahasan di DPRD bersama TAPD Pemkab Morut. Setelah itu masih melewati proses asistensi di Pemprov Sulteng.

“Perlu dipahami bahwa pengadaan ini bukan atas mau saya. Kebijakan itu tentunya berawal dari eksekutif,” katanya. Ia mengaku lelah karena terus dihantam isu negatif pasca pengadaan kendaraan itu. Belum lagi dikait-kaitkan dengan kasus dugaan korupsi pembangunan gedung baru DPRD Morut, plus soal pembebasan lahan gedung baru DPRD yang kini mangkrak,” ujarnya.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, masih banyak persoalan lain yang harusnya dituntaskan. Antara lain kebiasaan eksekutif yang megubah program dalam buku APBD tanpa sepengetahuan DPRD.

“Mereka (eksekutif) seenaknya sendiri mengubah-ubah program yang sudah dianggarkan. Makanya saya selalu tanya Sekkab kapan APBD dirasionalisasikan kembali,” tandasnya.

Kembali menyoal randis, Fudin sapaan akrab Ketua DPRD Morut menyebut jika kendaraan itu sifatnya operasional yang boleh digunakan unsur ketua DPRD lainnya.

“Randis itu memang diperuntukkan kepada saya. Tapi boleh saja dipakai oleh yang lain selama itu urusan kedinasan,” tegasnya.

Merujuk pada KIB di atas, Ketua DPRD Morut sebelumnya menggunakan randis Toyota Fortuner 2.5 4×2 G Sportivo TRD M/T VNT. Kendaraan itu hasil pengadaan di 2014 dengan harga pembelian Rp446.300.000.

Di tahun yang sama, Wakil Ketua I DPRD Morut Moh Safri dan Wakil Ketua II Abudin Halilu mendapatkan randis Toyota Kijang Inova 2.0 V M/T Luxury seharga Rp323.400.000.

Jika dihitung keseluruhan, pengadaan randis di lingkungan DPRD Morut dalam kurun waktu 2014-2017 sebanyak 51 unit. Terdiri dari 33 unit roda empat dan 18 unit roda dua. Namun selanjutnya, 22 anggota DPRD Morut tak lagi menggunakan randis roda empat. (ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.