Pengamanan TPS di Salubanga Libatkan Pasukan Ops Tinombala

0
133

PARIMO – Jelang pemungutan suara  pilkada Parimo 2018, sejumlah personel kepolisian akan digeser di 855 TPS. Termasuk di sejumlah TPS yang dianggap rawan. Salah satunya di TPS Salubanga, Kecamatan Sausu.

Kapolres Parimo AKBP Sirajjudin Ramli SH, Jum’at (22/6) mengungkapkan, pengamanan TPS rawan di Salubanga juga akan di backup oleh pasukan Operasi (OPS) Tinombala.

“Kita akan di backup, Karena di sana (Salubanga) sekarang sedang ada pencarian DPO,”ungkapnya.

Menurut Sirajuddin, pasukan pengamanan TPS akan digeser pada tanggal 25 mendatang di Mako Polres Parimo. Ada sejumlah kategori TPS, diantaranya kategori aman, rawan satu dan rawan dua.

Wilayah yang termasuk kategori rawan dua di Salubanga Sausu, Tinombo dan Kecamatan Palasa. TPS kategori rawan dua banyak terdapat di Kecamatan Tinombo dan Tomini terpencil.

Jumlah TPS kategori rawan satu kurang lebih 69. TPS tersebut akan dijaga masing masing satu personel. TPS rawan dua 78 TPS, yang akan dijaga oleh dua personel di setiap TPS. Sedangkan jumlah TPS kategori aman sebanyak 707. Di TPS kategori ini, setiap satu personel akan menjaga dua hingga tiga TPS.

Untuk jumlah personel khusus pengamanan TPS, jumlah personelnya kurang lebih 597. Kemudian ditambahkan juga dengan personel yang nantinya akan dikerahkan ketika terjadi kericuhan. Sehingga jumlahnya kurang lebih 892, secara umum.

Ia menambahkan bahwa kegiatan pengamanan TPS juga melibatkan BKO Polres Sigi, Polres Poso, Toli Toli, Buol serta Polda.

“Kita apelnya Senin. Nanti yang dari Poso di terima di Sausu. Sedangkan yang dari Buol dan Toli-Toli di terima di Tomini,”tambahnya. (Iwn)

Selengkapnya baca dr koran Radar Sulteng edisi Sabtu (23/6).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.