Antisipasi Serangan Fajar, Kapolres Parimo Konsolidasi dengan Para Kapolsek

0
251

PARIGI – Pelaksanaan voting day Pilkada di Kabupaten Parimo, tinggal menghitung hari. mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolres Parimo menggelar rapat konsolidasi dengan para jajarannya, Kamis (21/6).

Kapolres Parimo, AKBP Sirajuddin Ramly (tengah), saat memimpin rapat konsolidasi dengan para Kapolsek, dalam rangka pengamanan voting day Pilkada Parimo, Kamis kemarin (21/6). (Foto: Polres Parimo)

Kapolres Parimo, AKBP Sirajuddin Ramly, mengatakan dalam pertemuan yang digelar di aula Pesat Gatra Polres Parimo, mengumpulkan seluruh Kapolsek di jajaran Polres Parimo. Tujuannya, untuk mengonsolidasi kekuatan pengamanan, menjelang masa tenang dan voting day.

Dalam arahannya, Kapolres Parimo, menegaskan bahwa tahapan kampanye, masa tenang, voting day dan tahapan rekapitulasi, merupakan tahapan krusial yang harus dilakukan pengamanan secara maksimal oleh aparat kepolisian bersama unsur pengamanan lainnya.

“Alhamdulillah kita akan mengakhiri tahapan kampanye dan akan menyonsong tahapan masa tenang, voting day dan tahap rekapitulasi. Olehnya itu, saya meminta seluruh Kapolsek agar melakukan tujuh langkah-langkah pengamanan dan koordinasi,”tegasnya.

Yang pertama kata Sirajuddin, Kapolsek diminta melaksanakan koordinasi dengan Camat, Muspika dan PPK serta Panwas di masing-masing kecamatan. Yang perlu diantisipasi, saat masa tenang, rentan digunakan untuk praktik serangan fajar (money politic) oleh oknum paslon dan tim suksesnya. Selain itu, mendorong Panwas Kecamatan untuk melakukan pembersihan APKatau (Alat Peraga Kampanye.

Juga Melakukan kegiatan pengamanan terhadap distribusi kotak suara dan kartu suara serta  logistik lainnya dari KPU Parimo ke PPK, PPP dan TPS bersama elemen pengamanan lainnya sepeti Linmas.

“Melakukan koordinasi denga Camat dan juga Para Kades, untuk penempatan anggota Pam TPS. Saya minta, agar semua petugas Pengaman TPS, H-2 sudah berada di lokasi pengamanan. Petugas ini, sekaligus mapping situasi dan kondisi yang ada bersama petugas TPS,”tegasnya.

Kepada para Kapolsek juga diminta, agar di masa tenang dan voting day, lebih diintensifkan kegiatan patrol, untuk mengantisipasi terjadi konflik sosial dan persoalan lainnya. Juga meminta, agar personel yang melakukan pengamanan TPS, diberikan arahan secara jelas, sehingga dalam bertindak terarah dan sesuai target operasi.

“Kemudian setelah selesai hitung suara di TPS, agar dikawal kotak suara dan logistik lainnya ke PPK guna dilakukan tahap rekapitulasi. Juga saya minta, agar dalam proses rekapitulasi dilaksanakan Pam di PPK atau kantor camat dan setelah rekap selesai di PPK agar proses pergeseran kotak suara dikawal ke KPU Parimo,”katanya lai.

Selanjutnya Kapolres Parimo menyatakan bahwa seluruh personel Polres Parimo maupun BKO Polda, agar menjaga dan merawat kondisi tubuhnya supaya tetap fit dan prima. Dan juga jika terdapat kendala dalam proses pengamanan tahapan tersebut untuk tidak segan berkonsultasi dan berkoordinasi dengan pimpinan di Polres Parimo.(hnf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.