Perbanyak Konten Destinasi Wisata Sigi dengan Lomba Fotografi

0
314

SIGI – Sebagai upaya memperbanyak konten destinasi objek wisata di Kabupaten Sigi, Dinas Pariwisata Kabupaten Sigi menggelar lomba fotografi.

Kepala Dinas Pariwisata Sigi Diah Agustiningsih Entoh memberi sambutan sekaligus membuka lomba fotografi Sigi Hijau di lokasi permandian Air Panas Desa Bora Kabupaten Sigi, Sabtu (23/6). (Foto: Panitia Lomba Foto Sigi Hijau)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sigi Dra. Diah Agustiningsih Entoh MPd dalam sambutannya saat membuka penjurian terbuka terbuka lomba fotografi “Sigi Hijau”, di lokasi objek wisata Air Panas Bora, Sabtu (23/6) mengatakan, merupakan lomba pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Sigi.

Tujuan dari pelaksanaan lomba fotografi Dinas Pariwisata Sigi dengan tema “Sigi Hijau” dalam rangka menyiapkan konten-konten foto-foto destinasi untuk promosi Kabupaten Sigi.

Menurut Diah Entoh, Kabupaten Sigi memiliki potensi pariwisata yang khusus dan unik, seperti alamnya yang masih asli, lestari. Kemudian potensi budaya alami, bukan potensi wisata buatan.

“Selain keanekan budaya, alam yang asli, di Sigi juga memiliki beberapa objek peninggalan bersejarah megalit,” jelasnya. Untuk itu, kata Diah, dengan berbagai potensi wisata Sigi bisa menjadi potensi eko wisata, untuk tujuan khusus seperti wisata penelitian.

Tujuan konten-konten foto destinasi yang ada sebagai bahan jualan promosi destinasi pariwisata di Sigi, diharapkan untuk mendatangkan lebih banyak lagi orang ke Sigi yang memiliki ekowisata yang unik, dengan alamnya yang alami, budaya yang unik.

“Rencananya lomba fotografi seperti ini akan dilaksanakan setiap tahun, selain untuk menyiapkan konten-konten wisata di Sigi juga untuk mengembangkan potensi-potensi para fotografer untuk lebih mengembangkan kemampuan fotografinya untuk tujuan promosi Kabupaten Sigi di tingkat nasional maupun internasional,” terangnya.

Sementara koordinator panitia Reza Zaenong dalam laporannya, menyebutkan peserta yang melakukan pendaftaran online berjumlah 117 peserta, 53 peserta yang menyetor karya foto. Kemudian Instagram ada 417 postingan dengan 299 foto.

“Peserta lomba foto Sigi Hijau selain diikuti peserta dari Kota Palu, Parigi, Poso dan dari Makassar,” ujarnya.

Sesuai petunjuk Kadis Pariwisata, foto-foto pemenang dan yang masuk nominasi akan ikut dipamerkan pada perayaan HUT Kabupaten Sigi ke 10 yang akan dilaksanakan di Palolo Kecamatan Nokilalaki.”Lomba foto Dinas Pariwisata Sigi yang pertama kali dilaksanakan mendapat respons yang baik, terbukti dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi,” katanya. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.