Korem Tanamkan Wawasan Kebangsaan ke Siswa SMK Yadika Palu

0
388
Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Korem 132 Tadulako, Uci Karlan saat memberikan materinya kepada ratusan siswa SMK Yadika Palu, Selasa (3/7). (Foto: Penrem Tadulako)

PALU – Ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yadika Palu, Selasa (3/7), mendapat materi wawasan kebangsaan langsung dari Perwira Korem 132 Tadulako. Kegiatan ini, diikuti pula sejumlah siswa baru di SMK tersebut.

Hadir sebagai pemateri yakni Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Korem 132 Tadulako, Mayor Inf Uci Karlan SH. Di hadapan 250 siswa SMK Yadika, Uci menyampaikan, materi terkait empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila sebagai konsensus dasar Negara, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,” kata Mayor Inf Uci.

Dijelaskannya, keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Pasiter menegaskan, bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut Agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama. Apalagi, kata dia, dalam semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.

Tidak hanya memberikan materi tentang empat pilar kebangsaan, Uci juga mengingatkan, para siswa agar selalu waspada terhadap bahaya penyalahgunaan Narkoba, yang dapat mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda. (*/agg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.