Cegah Kebakaran Dengan Fire Corner

0
160

PARIMO – Berbagai inovasi diciptakan oleh peserta Diklat kepemimpinan Tingkat IV Angkatan LXII Kabupaten Parimo. Salah satunya adalah mencegah terjadinya kebakaran dengan fire corner.

Ilustrasi. (Foto: Humas Polres Palu)

Kepala Seksi Kebakaran Sat Pol PP Parimo, Abdul Salim Sialea, fire corner merupakan alat pencegahan dan deteksi dini kebakaran.

Sebab, bahaya kebakaran bisa datang kapan saja. Ketika terjadi kebakaran masyarakat biasanya sulit menghubungi petugas kebakaran.

Hal tersebut di akibatkan kurangnya sarana dan prasarana yang memudahkan masyarakat menghubungi petugas kebakaran.

Inovasi fire corner kata Salim, berfungsi membantu masyarakat ketika terjadi kebakaran. Alat tersebut akan membantu memandu masayarakat apabila sewaktu waktu terjadi kebakaran.

“Kalau ada kebakaran masyarakat tahu apa yang harus mereka lakukan. Cukup menekan tombol yang berwarna merah alat ini akan berbunyi dan kebakaran akan diketahui oleh petugas,”jelasnya.

Alat tersebut ditempatkan di pusat kota Parigi, tepatnya di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Toraranga, Kelurahan Loji, Kecamatan Parigi. Pasalnya kelurahan tersebut merupakan wilayah padat penduduk.

Selain itu, Kelurahan Loji juga berdekatan dengan kelurahan Bantaya, Maesa yang juga padat penduduk serta Kelurahan Masigi.

“Makanya kami memilih menempatkan alat ini di lokasi strategis (RTH Toraranga),”ungkapnya.  (iwn)

Selengkapnya baca di kroan Radar Sulteng edisi Sabtu (7/7/2018).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.