Gubernur Minta Cari Formulasi buat Mahasiswa Terancan DO

0
163

PALU –  Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola selaku ketua dewan penyantun Universitas Tadulako (Untad) meminta pihak Universitas Tadulako untuk mengevaluasi dan mencari formula yang tepat guna mengurangi angka mahasiswa yang terancam drop out (DO).

Asisten HM Faisal Mang membacakan amanat Gubernur H Longki Djanggola dalam cara wisuda ke 92 Universitas Tadulako, Kamis (5/7). (Foto: Ade Gumilang)

Mahasiswa dapat dikeluarkan dari kampus atau DO karena tidak dapat menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa dengan beban mata kuliah dan batas waktu yang telah ditentukan.

Hal itu diungkapkan melalui Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik HM Faisal Mang ketika memberikan sambutan pada Kamis (5/7/2018) di acara wisuda ke 92 Universitas Tadulako.

Evaluasi tersebut menjadi penting dilakukan. Jika hal itu terjadi tanpa ada upaya yang serius, katanya, maka secara langsung maupun tidak dipastikan memberi dampak negatif kepada citra Untad di mata masyarakat. Di samping itu dampak negatif lainnya adalah bagi pemerintah daerah. Melambatnya pembangunan sumber daya manusia Sulawesi Tengah yang berkualitas dan berdaya saing.

Menurutnya, mereka yang dinyatakan drop out akibat masa kuliah yang sudah melampaui tenggat waktu akademik kiranya jadi perhatian untuk direalisasikan. ‘’Mengapa sesampai terjadi tren demikian. Bagaimana langkah-langkah menanggulanginya dan juga cara-cara memotivasi para mahasiswa supaya tetap semangat. Jika ini terus menerus terjadi maka berimbas kurang baik bagi Untad dan daerah,’’ kata Faisal.

Faisal mengatakan, upaya  peningkatan sumber daya manusia Sulawesi Tengah menjadi prioritas pemerintah provinsi. Karena sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing diyakini akan menunjang keberhasilan pembangunan daerah.

‘’Perlu ada terobosan pula. Kompetisi sebenarnya akan dimulai ketika mereka (mahasiswa) meninggalkan kampus menuju kehidupan  bermasyarakat dengan menyandang status alumni atau seorang diploma, sarjana atau bahkan magister sekalipun,’’ ujarnya.(sya/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.